Geevv - Search Engine Buatan Mahasiswi UI dengan Misi Sosial

Bicara mengenai inovasi anak negeri memang tidak ada habisnya. Namun yang membuat saya tertarik untuk mengulas Geevv adalah sistem mereka dimana jika kita mencari sebuah kata melalui situs pencarian Geevv kita ikut mendonasikan Rp.10,-  . Menarik bukan ?

Geevv dibuat oleh seorang mahasiswi Universita Indonesia bernama Azka A. Slimi (21). Setelah beberapa kali mengikuti seminar mengenai startup, ia melihat potensi yang sangat besar dari teknologi bernama mesin pencari.  Azka menganggap potensi dari mesin pencari yang dapat dikembangkan masih sedemikian luas dan ia ingin potensi tersebut dapat menyalurkan minatnya terhadap isu sosial.

Apa Itu Geevv?
Geevv adalah search engine berbasis sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dunia. Kami berkomitmen untuk mendonasikan 80% pendapatan iklan untuk program sosial dan 20% lainnya untuk meningkatkan kualitas layanan dan situs Geevv.

Cara Kerjanya
  • Ketik kata kunci yang ingin dicari di Geevv.com
  • Geevv mendapatkan pendapatan dari iklan
  • Geevv memberikan 80% dari penghasilan iklan tersebut kepada Mitra Program Sosial

Azka menjelaskan bahwa Geevv bukanlah sekadar mesin pencari seperti Google. Secara teknis, ia akui cara kerjanya tak jauh berbeda seperti yang orang sering lihat dari Google. Namun secara prinsip, Azka menekankan bahwa startup yang ia buat adalah social search engine. 

Maksud dari istilah sosial yang ia imbuhkan merupakan cerminan tujuan utama yang ingin dicapai dari sebuah mesin pencari. Dengan kata lain, mayoritas keuntungan yang dihasilkan dari Geevv akan disalurkan ke sejumlah program sosial seputar kesehatan, pendidikan, dan kemiskinan.

Tiap satu pencarian yang berhasil dilakukan melalui situs Geevv.com, pengguna menghasilkan Rp10 di saldo donasi mereka. Angka itu akan terus berlipat seiring jumlah pencarian yang dibuat. Sederhananya, makin sering digunakan, berlipat pula donasi yang dihasilkan.

Untuk saat ini Geevv masih memanfaatkan API milik Search Engine Bing sebagai hasil pencarian sehingga apa yang kalian cari lewat geevv.com akan menampilakn hasil pencarian dari bing.com .
Namun karena Startup ini juga masih terus berkembang tidak menutup kemungkinan kedepannya mereka akan menggunakan database sendiri untuk hasil pencariannya.
Yah, saya pikir patut diapresiasi apa yang telah dilakukan oleh teman teman kita dari UI tersebut, mengingat konsep luarbiasa mereka dimana kita bisa beramal hanya dengan menggunakan search engine geevv.com .
Referensi :
http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161031115044-185-169044/geevv-mesin-pencari-dengan-misi-sosial-buatan-mahasiswi-ui/

9 komentar untuk "Geevv - Search Engine Buatan Mahasiswi UI dengan Misi Sosial"

Comment Author Avatar
Mantap juga nih kawan-kawan dari UI :D semangat semoga visi misinya tercapai
Comment Author Avatar
Semoga WNI All beralih ke GEEVV
Tolong sebarkan
Comment Author Avatar
Bravo anak muda Indonesia

Silahkan tinggalkan komentar jika ada masukan, pertanyaan, kritik ataupun dukungan. Namun pastikan untuk berkomentar secara sopan.