VPN Terbaik dengan Dukungan Secure Core

Selasa, 06 Agustus 2019

Review ProtonVPN - VPN Terbaik dengan Dukungan Secure Core - Yooo... berhubung saya jarang nulis di blog, kali ini saya mau review saja VPN premium yang saya pakai. Yup, saya akan review ProtonVPN. ProtonVPN adalah penyedia layanan jaringan pribadi virtual (VPN) yang dioperasikan oleh perusahaan Swiss ProtonVPN AG.


Perusahaan ini ada dibawah Proton Technologies AG, perusahaan di balik layanan email ProtonMail. Menurut situs resmi ProtonVPN, ProtonVPN dan ProtonMail beroperasi pada "infrastruktur yang benar-benar terpisah" untuk alasan keamanan teknis.

Harga

Pertama, dari segi harga. Ya, karena biasanya kalo orang Indo yang dilihat pertama harganya dulu haha. Harganya bisa dibilang standar. Saya gak bilang murah, tapi saya pikir harganya juga gak mahal, apalagi kalo sampe ada yang bilang overpriced. Jika dilihat dari benefit yang akan didapat, harga yang disediakan termasuk wajar.

Perusahaan berbasis di Swiss

Fakta bahwa perusahaan ProtonVPN ada di Swiss menjadi nilai tambah. Swiss Privacy Law adalah yang terbaik dibanding negara lain. Dan itu sudah dijamin.

Fitur Kill Switch

Jika terjadi suatu kesalahan yang menyebabkan gagalnya kamu terhubung ke server VPN, fungsi ini akan melindungimu dari leaking.

No logs

No logs. Info saja, ProtonVPN juga menyediakan layanan VPN gratis selain layanan premiumnya. Nah, tau sendiri kan banyak layanan atau provider VPN gratis yang mengoleksi data/trafik penggunanya? Di ProtonVPN hal itu tidak dilakukan. Jadi kalian tetap anonim.

Secure Core

Metode umum untuk mengekspos lalu lintas VPN adalah dengan "mengorbankan" server yang menangani lalu lintas kalian di negara bersangkutan. Risiko ini sangat bisa terjadi ketika server berada di yurisdiksi berisiko tinggi. Misalnya, lokasi server VPN ada di US, dan ada kecurigaan dari FBI tentang penyalahgunaan oleh pengguna VPN dari perusahaan penyedia VPN premium , maka pihak pemerintah US bisa langsung melakukan investigasi ke server VPN milik provider VPN yang dicurigai tanpa perlu mendapat ijin dari perusahaan terkait. Nah, Secure Core hadir untuk mengantisipasi hal tersebut. Secure Core adalah fitur unggulan ProtonVPN yang saya tidak melihatnya di provider VPN premium lain. Secure Core adalah cara ProtonVPN melindungi privasi pengguna dengan cara melakukan pengalihan lalu lintas melewati negara-negara yang privacy friendly. Misalnya kita ingin terhubung ke IP US, kita bisa memilih terhubung lewat Swiss dan Swedia. Arsitektur Secure Core yang unik dari ProtonVPN memungkinkan kita untuk mempertahankan diri dari serangan jaringan yang tidak dapat dipertahankan oleh VPN lain. Pengaturan VPN klasik melibatkan klien yang melewatkan lalu lintas melalui server VPN dalam perjalanan ke tujuan akhir. Ini berarti penyerang yang memiliki kontrol server VPN, atau kemampuan untuk memantau jaringan server VPN, akan dapat mencocokkan klien VPN dengan tujuan mereka, yang akhirnya, tujuan kita memakai VPN untuk alasan privasi malah jadi percuma.

VPN Client yang Elegan

Tampilan mungkin tidak penting ya. Tapi bagi saya, melihat tampilan client milik ProtonVPN terasa lebih adem dibanding dengan client milik vpn premium lainnya. Tentu saja saya bicara aplikasi untuk Windowsnya ya, yang GUI. Kalo untuk GNU/Linux sih semua sama saja haha. Hmm... bagaimana? Tertarik? Jika kalian tertarik bisa langsung daftar melalui link dibawah. Saya sarankan langsung subscribe per tahun saja, karena pembayaran tahunan (annualy) bisa mendapatkan diskon yang lumayan.  

Daftar ProtonVPN Premium

Oh iya, untuk beberapa VPN premium yang sudah saya coba bisa juga kalian lihat di sini.
Sekian dan terimakasih.  

Artikel Terkait Premium VPN