Command di Terminal Linux yang mungkin Jarang Dipakai

Selasa, 22 November 2011

Bingung mau nulis apa, yasudah sekarang mau membahas tentang command di terminal linux yang mungkin jarang digunakan. Apa saja command command tersebut ? Mari simak artikel berikut.

Command di Terminal Linux yang Jarang Dipakai
  • Keluar dari Terminal Linux dengan shortcut Ctrl + D. Hayoo ngaku, pasti di antara kalian lebih sering menggunakan perintah exit atau bahkan mengklik tombol close di pojok kanan atas daripada menggunakan jalan pintas Ctrl + D.
  • Menjalankan perintah terakhir yang dijalankan di terminal dengan command "!!" . Misalkan sebelumnya kalian mengetik command uname -a, jika ingin mengulangi command tersebut tinggal mengetik "!!" , tidak perlu menulis ulang. Lihat contoh dibawah:
Image
  • Berpindah ke Direktori pada command sebelum nya dengan perintah "cd - " . Ini berbeda dengan "cd .. "
  • Mencari PID dari proses yang sedang berjalan menggunakan perintah pgrep. Contoh nya : pgrep nginx. Maka kalian akan menemukan semua PID yang berhubungan dengan proses dari web server Nginx.
  • Mengubah keterangan waktu pada Berkas File. Misalkan kalian barusaja membuat file dan ingin mengubah keterangan waktu nya , bisa dilakukan dengan command "touch -c -t YYMMDDhhmm namafile" . Contoh touch -c -t 1502040900 asu.txt
  • Menghapus command yang panjang di terminal dengan Ctrl + U . Misalkan kalian menulis command yang panjang di terminal, dan ternyata ada yang salah atau kalian ingin membatalkan command tersebut, cukup klik Ctrl + U , tidak perlu menekan backspace berulang ulang.
Skian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Perintah Terminal