Command di Terminal Linux yang mungkin Jarang Dipakai

Bingung mau nulis apa, yasudah sekarang mau membahas tentang command di terminal linux yang mungkin jarang digunakan. Apa saja command command tersebut ? Mari simak artikel berikut.

Command di Terminal Linux yang Jarang Dipakai
  • Keluar dari Terminal Linux dengan shortcut Ctrl + D. Hayoo ngaku, pasti di antara kalian lebih sering menggunakan perintah exit atau bahkan mengklik tombol close di pojok kanan atas daripada menggunakan jalan pintas Ctrl + D.
  • Menjalankan perintah terakhir yang dijalankan di terminal dengan command "!!" . Misalkan sebelumnya kalian mengetik command uname -a, jika ingin mengulangi command tersebut tinggal mengetik "!!" , tidak perlu menulis ulang. Lihat contoh dibawah:
Image
  • Berpindah ke Direktori pada command sebelum nya dengan perintah "cd - " . Ini berbeda dengan "cd .. "
  • Mencari PID dari proses yang sedang berjalan menggunakan perintah pgrep. Contoh nya : pgrep nginx. Maka kalian akan menemukan semua PID yang berhubungan dengan proses dari web server Nginx.
  • Mengubah keterangan waktu pada Berkas File. Misalkan kalian barusaja membuat file dan ingin mengubah keterangan waktu nya , bisa dilakukan dengan command "touch -c -t YYMMDDhhmm namafile" . Contoh touch -c -t 1502040900 asu.txt
  • Menghapus command yang panjang di terminal dengan Ctrl + U . Misalkan kalian menulis command yang panjang di terminal, dan ternyata ada yang salah atau kalian ingin membatalkan command tersebut, cukup klik Ctrl + U , tidak perlu menekan backspace berulang ulang.
Skian artikel kali ini semoga bermanfaat.