Menggunakan Mubeng sebagai Proxy Checker dan IP Rotator

Selasa, 02 Maret 2021

Menggunakan mubeng Sebagai Proxy Checker dan IP Rotator. Oke kali ini saya akan membahas tool yang mungkin akan sangat berguna bagi kalian. Namanya mubeng, tool yang berfungsi sebagai proxy checker sekaligus sebagai IP rotator. Penamaan toolnya sendiri diambil dari bahasa Jawa, yang artinya berputar.

Ditulis menggunakan bahasa pemrograman go, mubeng didesain untuk bekerja lebih cepat dibanding tool lain dengan fungsi yang sama. Penggunaannya sendiri cukup simple, install dan langsung jalankan tanpa perlu adanya konfigurasi tambahan.

Mubeng (ditulis sebagai mubeng) memiliki dua fungsi utama yakni sebagai proxy checker (untuk memeriksa list proxy) dan juga sebagai proxy server dengan fitur IP rotatornya.

Install

Kalian bisa langsung download binary mubeng yang sudah dicompile di halaman release. Atau jika kalian sudah menginstall docker, kalian bisa menjalankan mubeng sebagai container dengan mengunduh imagenya terlebih dahulu.

docker pull kitabisa/mubeng

Ataupun build manual menggunakan command berikut:

git clone https://github.com/kitabisa/mubeng

cd mubeng

make build

sudo mv ./bin/mubeng /usr/local/bin

make clean

Untuk melihat flag yang bisa digunakan, jalankan command

mubeng -h 

Menggunakan mubeng sebagai proxy checker

Disini saya mengambil list dari web https://spys.one/en/free-proxy-list/ yang sudah saya parsing dan saya simpan dengan format dari mubeng, protokol://ip-address:port.

mubeng --file proxy.txt --check --verbose --output live.txt

Perintah diatas akan melakukan checking terhadap file yang berisi list proxy, dan menyimpan proxy yang masih live ke file live.txt

Menggunalkan mubeng sebagai proxy server

Kalian juga bisa menggunakan mubeng sebagai proxy server dan IP rotator, dengan list yang sudah disediakan sebelumnya, ataupun list hasil dari checking yang kita lakukan sebelumnya.

Untuk menggunakan fitur proxy server, tinggal gunakan flag -a atau --address. Flag -r atau --rotate juga bisa ditambahkan untuk melakukan rotasi IP proxy setelah N request.

Contoh:

mubeng --address localhost:2525 --file live.txt --rotate 2 --verbose

Setelah proxy server berjalan, kalian juga bisa menggunakannya sebagai upstream proxy di Burpsuite.

Ingin menjalankan mubeng sebagai service di systemd? Bisa. Kalian bisa gunakan flag -d atau --daemon.

Limitasi

Untuk saat ini proxy server hanya berjalan di protokol HTTP saja, meskipun source list proxy nya bisa dari protokol SOCKS5, HTTP, maupun HTTPS.

Github

  • https://github.com/kitabisa/mubeng

Oke mungkin sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Proxy ,Utilities