Inilah Beberapa Mitos Tentang Deep Web

Sabtu, 01 Oktober 2016

Yo! Kali ini kita akan membahas fakta fakta "sesat" yang banyak tersebar di internet tentang deep web. beberapa waktu yang lalu saya menemukan fakta tentang deepweb yang di share salahsatu fanspage besar yang kemungkinan korban arikel ngawur tentang deep web. Dampaknya, banyak yang menganggap deep web menakutkan, sisanya yang berhasil masuk deep web menganggap mereka sudah hebat dan saking hebatnya sampe ngerasa mereka "pantas" diincar FBI (lol). Apakah deep web se-ngeri itu ? Yuk kita bahas.

Ngakses Deep Web itu Susah

Ini yang biasanya orang pikirkan. Jadi mereka nganggap mau ngakses situs situs di deepweb itu susah. Akhirnya ketika ada yang "pamer" hasil surfingnya di situs berekstensi .onion, mereka langsung "wah". Padahal, ngakses deep web itu GAMPANG. Modal TOR Browser doang. Mungkin buat yang belum pernah coba, dan setelah install bisa ngakses deep web bakal ngerasa "yaelah gini doang ternyata". Ya karena memang saking gampangnya.

Masuk Deep Web Berarti Kriminal

Ini kadang yang hoax yang sering dibuat oleh youtuber alay yang sok iye tentang deep web. Mungkin kenyataan bahwa memang tidak semua orang dapat mengakses deep web (karena harus butuh TOR browser), langsung ada anggapan bahwa deep web adalah ranah terlarang. Oh come on dude, gak perlu se lebay ini.  Kalo mau bahas kriminalitas, mungkin lebih kriminal orang yang bypass internet positif cuma biar dapet akses ke web bokep.

Masuk ke Deep Web, Jadi Inceran FBI

Mitos paling konyol yang pernah ane denger tentang deep web. Di salahsatu artikel saya tentang deep web, ada komentar kalau sekedar surfing pake TOR itu bahaya. Nanti bakal ditangkep FBI, jadi selain TOR harus ngaktifin VPN , proxy, bla bla bla. Gak usah lebay, deep web sama aja kayak public site, dalam artian gak ada "dewa" yang mengontrol semua surfer deepweb dan FBI juga terlalu sibuk untuk ngurusin orang GAK PENTING macam kamu.

Masuk Deep Web, PC langsung Blue Screen

Ini sih konyol. udah ane test sendiri pake win xp, win 7, win 8, dan linux gak ada yang namanya bikin komputer blue screen pas masuk deep web. Kalo kebetulan pas buka blue screen ya lagi apes aja gak ada hubungannya sama deep web.

Deep Web Hanya Berisi Konten Konten Menyeramkan

Whoah.. apalagi ini... banyak yang komen di artikel ane sebelumnya katanya gak berani masuk deep web gara gara ngeri sama isinya. Doi pasti salahsatu korban fakta sesat deep web. Memang benar, akan banyak cerita sadis atau tidak manusiawi yang bakal sering kalian temui di deep web. Contohnya cerita tentang boneka seks yang dibuat dari manusia asli (entah udah agak samar ingatan , pernah baca tapi lupa judulnya). Semua di internet itu ada dua sisi, baik dan buruk. Deeb Web juga demikian. Disana banyak dokumen dokumen atau ilmu pengetahuan yang gak ada di site publik. Tinggal cek sendiri di Hidden Wiki. Jadi gak semua di deep web isinya serem. Banyak yang cari bokep di deepweb . Gak serem kan ?

Masuk Deep Web, Komputer Langsung di Sadap Hacker

Duhh... gimana ceritanya masuk ke deep web doang langsung disadap heker. Kalopun ada beberapa site malware yang bisa "menyadap" komputer kalian, pasti dibutuhkan "aksi" oleh pengguna. Misal buka site A, pas loading ada popup suruh nginstall aplikasi . Nah kalo kalian install bisa jadi itu RAT malware atau virus. Namun gak berarti buka browser langsung data keambil. TOR Project bikin browser juga gak sekonyol itu kali. Mereka menciptakan TOR untuk melindungi privasi pengguna (anonimitas) dan juga keamanan dalam berselancar di dunia maya. Bukan main-main.

Deep Web Banyak Virus

Lagi lagi tergantung pengguna. Ya mungkin ada situs bervirus namun sekali lagi semua butuh "aksi" pengguna. Dan gak semua situs deep web bervirus. Malah hampir gak ada yang yang bervirus. Santai aja, bedanya situs deep web sama public site cuma situs .inion gak terindex di google, dan ngakses nya harus pake TOR Service. Itu aja.

Isi Deep Web itu Semuanya Ilegal

Ini mitos juga :D
Tujuan dibuat situs .onion itu buat kalian kalian yang mengutamakan anonimitas atau privasi di internet. Buat kamu yang browsing tapi gak mau lokasinya di deteksi. Yah memang benar sih di deep web ada yang jual narkoba dll. Tapi GAK semua isinya illegal. Seperti yang ane bilang sebelumnya kalo di internet itu dimanapun pasti ada sisi buruk dan baiknya. Tinggal pilih.
Facebook pernah meluncurkan Official Site .onion nya loh. Tujuan dari fb sendiri adalah buat para user yang menginginkan anonimitas saat mengakses fb. Dan ini bukan situs abal abal kloningan bikinan heker. Tapi emang dari pihak FB nya.

Kesimpulan

Jadi intinya Deep Web gak se-ngeri mitos mitos yang beredar. Cara ngakses nya pun mudah. PC maupun Android sama sama bisa, tinggal install TOR Browser, surf ke Hidden Wiki, go to .onion site.
Kalo gak aneh aneh atau asal klik gak bakal tiba tiba leptopmu kena virus gak jelas. Dan bagi yang udah pernah ke Deep Web dan sampe sekarang belom masuk penjara yo gak usah ngerasa hebat, emang dari awal ente ngakses Deep Web gak ada namanya diincer FBI. (soalnya pernah liat status orang di Facebook "ane masuk deep web sampe sekarang belum ada yang datengin karena pinter nyembunyikan informasi" )...

Tapi selalu inget, jangan sampai rasa ingin tau mengancurkanmu. Ini berlaku untuk semua surfer, mau di deep web atau public site pun jangan asal klik atau asal install aplikasi yang gak jelas. Kalo ente konyol ya meski itu aplikasi dari situs berdomain .com bisa aja tiba tiba pc ente ke lock ransomware.

Oke mungkin sekian, kalo ada tambahan komentar aja nanti saya tambahkan ke artikel.

Artikel Terkait Artikel ,Deep Web ,Security