Membersihkan Cahe DNS pada Linux

Wednesday, December 13, 2017

Membersihkan Cahe DNS pada Linux - Ada banyak yang dapat menyebabkan masalah dns di GNU/Linux. Salahsatunya saat menggunakan koneksi dial up dan melakukan pemutusan koneksi terlalu sering. Untuk itu diperlukan clear cache DNS atau flush DNS.
Linux dan UNIX menyediakan berbagai cara untuk flush cache. Linux bisa menjalankan nscd atau BIND atau dnsmasq sebagai cahing daemon secara bersamaan. Server besar dapat menggunakan BIND atau dnsmasq sebagai server caching khusus untuk mempercepat kueri.
Flush nscd dns cache
NSCD biasanya tidak terinstal secara default. Instalasinya cukup jalankan apt install nscd.
Untuk melalukan flush dns cukup restart saja service nscd.
service nscd restart
Daemon ini menyediakan cache untuk permintaan layanan nama yang paling umum. File konfigurasi default, /etc/nscd.conf, menentukan pengaturan daemon cache.

Flush dnsmasq dns cache
dnsmasq adalah server DNS, TFTP dan DHCP yang ringan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan layanan DNS dan DHCP yang digabungkan ke LAN. Dnsmasq menerima permintaan DNS dan menjawabnya dari cache kecil, lokal, atau meneruskannya ke server DNS rekursif yang sebenarnya. Perangkat lunak ini juga dipasang banyak router murah untuk men-cache query dns. Cukup restart layanan dnsmasq untuk mematikan cache dns:
service dnsmasq restart
Flush caching BIND server dns cache
Server BIND caching memperoleh informasi dari server lain (Zone Master) sebagai respon atas permintaan host dan kemudian menyimpan (cache) data secara lokal. Untung menghapus cache bind cukup jalankan perintah
/etc/init.d/named restart
BIND v9.3.0 keatas mendukung flush semua data yang dilampirkan pada nama domain tertentu dengan perintah rndc flushname. Dalam contoh ini kita akan menghapus semua record yang berhubungan dengan domain linuxsec.org
rndc flushname linuxsec.org

Untuk cara flush DNS di Windows lebih simple lagi. Kalian bisa baca tutorialnya di artikel IDhostinger berjudul Cara Flush DNS Cache.

Baiklah sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

Reff:
https://www.cyberciti.biz/faq/rhel-debian-ubuntu-flush-clear-dns-cache/

Artikel Terkait DNS ,Linux

No comments:

Post a Comment