Cara Uninstall dan Remove Apache2 di Ubuntu dan Debian

Cara Uninstall dan Remove Apache2 di Ubuntu dan Debian - Jadi ceritanya kemarin saya disuruh temen bantu konfigurasi ulang servernya yang habis kena hack. Nah setelah coba masuk ke server, lah pake Apache2. Jujur saya memang agak kurang menguasai kalau tweaking apache2. Termasuk setup atau hardening security nya. Bisa dibilang untuk webserver ini saya uma tau dasar dasar saja karena sudah terbiasa pakai nginx sejak pertamakali kenal web server.

Apache2 adalah webserver yang bisa dijalankan di sistem Windows maupun Linux. Kelebihannya, webserver ini lebih mudah dipelajari karena semua modul langsung terinstall bersamaan saat apache2 diinstall. kasarnya, kalau butuh sesuatu tinggal load modul, load modul... Kekurangannya, web server ini lebih berat jika dibanding dengan Nginx. Itulah kenapa saya kurang tertarik dengan Apache2.


Nah daripada bingung, kemarin langsung say reinstall saja webservernya. Remove Apache2 dan install Nginx. Oke berikut langkah langkah remove Apache2 dari Ubuntu maupun Debian.

pertama kita stop dulu service apache2.
sudo service apache2 stop
Lalu hapus semua paket yang berhubungan dengan apache2.
sudo apt-get purge apache2*
sudo apt-get autoremove
Sampai disini apache2 sudah berhasil diuninstall. Namun pasti ada beberapa konfigurasi manual yang tertinggal di direktori apache2.
Selanutnya kita cek dimana letak direktori apache2 terinstall.
whereis apache2
Contoh output:
apache2: /etc/apache2
Tinggal diremove saja foldernya
sudo rm -rf /etc/apache2
Sekarang kalian sudah berhasil menghapus webserver apache2 dari sistem.

Jika ingin menginstall webserver Nginx, berikut tutorialnya:
Sekian tutorial kali ini, jika ada yang kurang paham silahkan ditanyakan.

1 komentar untuk "Cara Uninstall dan Remove Apache2 di Ubuntu dan Debian"

Comment Author Avatar
mohn pencerhaannya setelah install EHCP di ubuntu 16.04 file manager tidak akitf (trouble)

Silahkan tinggalkan komentar jika ada masukan, pertanyaan, kritik ataupun dukungan. Namun pastikan untuk berkomentar secara sopan.