Menonaktifkan Fungsi Easy Install di VMware Workstation

Wednesday, March 7, 2018

Menonaktifkan Fungsi Easy Install di VMware Workstation - VMware menawarkan fungsi Easy Install untuk beberapa sistem operasi mainstream seperti Windows dan Ubuntu. Fitur ini ditujukan untuk memuddahkan penginstallan sistem operasi di Vmware. Hanya dengan memasukkan beberapa informasi seperti username dan password yang ingin digunakan untuk login, step selanjutnya akan dijalankan secara otomatis oleh fitur Easy Install ini.
Namun ada kalanya kita tidak menginginkan fitur ini. Misalnya kita ingin menginstall Ubuntu dengan konfigurasi kita sendiri, terlebih lagi kalau itu Ubuntu Server. Nah disini saya akan sharing bagaimana cara menonaktifkan fitur tersebut saat kita ingin melakukan instalasi OS. Di tutorial ini OSyang digunakan adalah Xubuntu 17.10. Ada dua cara.

Cara Pertama



Seperti yang terlihat dalam ss diatas. Sistem operasi terdeteksi dan akan digunakan Easy Install untuk proses pemasangannya.

Selanjutnya cukup kita masukkan informasi yang diminta.



Nah pada langkah ini, jangan centang "Automatically power on this virtual machine after creation". Tujuannya karena kita akan mengedit VM terlebih dahulu sebelum dijalankan.

Lalu edit VM settings

Hapus autoinst.iso dan autoinst.flp .

Sekarang jalankan VMware dan lakukan instalasi seperti biasa.

Cara Kedua

Saat membuat VM baru, pilih "i will install the operating system later".

Selanjutnya pilih tipe OS. Sebenarnya disini opsional. Diisi ngasal juga boleh.

Selanjutnya nama OS.

Ukuran disk.

Lalu finish

Selanjutnya edit VM setting

Ubah bagian CD/DVD ke ISO.


Selanjutnya jalankan Vmware seperti biasa. Baiklah sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

Artikel Terkait VMware

No comments:

Post a Comment