Cara Mudah Install Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish Lengkap dengan Gambar

Cara Mudah Install Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish Lengkap Dengan Gambar - Beberapa waktu lalu link download Ubuntu Cosmic Cuttlefish dirilis untuk publik. Nah di artikel kali ini saya akan sharing bagaimana cara install Ubuntu 18.10 lengkap dengan gambar agar kalian yang masih bingung paham.
Sebagai catatan, disini saya install di VMware agar saya bisa ambil screenshot saat proses instalasinya. Namun cara ini bisa diterapkan saat kalian install di harddisk.

Pertama download dulu iso Ubuntu 18.10 disini:
  • http://releases.ubuntu.com/18.10/

Kalian bisa gunakan wget, aria2, atau downloader lainnya. Selanjutnya buat bootable Ubuntu 18.10 di USB. Disini bebas bisa gunakan Rufus, LiLi USB, atau Etcher.

Setelah proses pembuatan bootable selesai, siapkan free space untuk sistem Ubuntu. Jika kalian ingin dualboot dengan Windows, kalian bisa membuat unalocated disk menggunakan Disk Management di Windows. 30GB cukup untuk sistem Ubuntu.

Oke sekarang masuk tahap instalasi. Boot laptop atau PC mu ke flashdisk yang sudah berisi bootable Ubuntu 18.10. 
Tunggu hingga proses loadingnya selesai.

Selanjutnya kalian akan dihadapkan pada opsi Try Ubuntu dan Install Ubuntu. Disini kalian bisa mencoba terlebih dahulu Ubuntu Live sebelum diinstall.

Setelah dicoba, dan dirasa mantep untuk install Ubuntu 18.10, klik Install Ubuntu 18.10 yang ada di desktop.

Pilih bahasa yang akan digunakan. Saya sendiri lebih memilih bahasa Inggris untuk bahasa sistem karena ketika mencoba Bahasa Indonesia kesannya malah "aneh". Tapi disini terserah kalian mau gunakan bahasa apa.

Untuk Keyboard Layout gunakan US. Kecuali kalian menggunakan tipe lain.

Pilih apa saya yang akan diinstall. Disini saya pilih instalasi normal.

Installation type, ini yang harus hati-hati. Saya sering menerima chat di facebook mengenai keluhan partisi Windows mereka hilang saat install Ubuntu. Ini karena kesalahan di tahap ini. Jika kalian dualboot dengan Windows, dengan kasus Windows nya sudah terinstall, pilih Something Else.

Karena saya install di VMware maka hanya ada satu partisi saja. Namun jika kalian dualboot dengan Windows pasti ada banyak daftar partisi yang ditampilkan. Pilih partisi free space yang sudah kalian buat di tahap awal diatas.

DIsini dari 30GB saya bagi menjadi
  • swap - 2GB
  • /home - 8GB
  • / (system) - 20GB

Untuk besarnya swap bisa dibaca disini:

Selanjutnya klik Install Now. Lanjut untuk pengaturan timezone.

Lanjut ke pembuatan akun pengguna dan juga pengaturan hostname di Ubuntu.

Klik continue dan tunggu proses instalasi selesai.

Setelah proses install selesai, klik Restart Now. Jangan lupa cabut flashdisk.

Dan berikut adalah tampilan Ubuntu 18.10.

Proses install Ubuntu 18.10 selesai.
Baca juga:

Oke sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.