Mengganti Password di Linux dengan Satu Baris Perintah

Rabu, 03 Oktober 2018

Mengganti Password di Linux dengan Satu Baris Perintah - Di Linux, kita menggunakan perintah passwd untuk mengubah kata sandi, tetapi passwd membutuhkan masukan dari stdin untuk mendapatkan kata sandi baru. Ini adalah kasus umum bahwa kita mungkin ingin mengubah kata sandi secara non-interaktif, seperti membuat akun pengguna baru dan mengatur kata sandi untuk akun tersebut dengan satu baris perintah. Dengan sedirikit trik dan memanfaatkan pile, kita bisa mengganti password dengan satu baris perintah.




Disini saya menggunakan satu contoh untuk memperkenalkan bagaimana cara mengubah kata sandi pengguna linux dalam satu baris perintah. Misalkan kita login sebagai root dan ingin mengubah kata sandi pengguna kuroi menjadi password123.

Perintah passwd meminta kata sandi baru sebanyak dua kali. Dan dua input ini (kata sandi yang sama) dipisahkan oleh satu "Enter". Kita bisa meniru ini dengan perintah echo dengan opsi -e. Ketika -e sedang berlaku, karakter yang lolos akan ditafsirkan. Sementara \n menandakan baris baru.

Berigi perintahnya:
echo -e "Password123\nPassword123" | passwd kuroi

Selain itu, pada Linux modern dengan versi passwd yang cukup baru, kita dapat menggunakan opsi --stdin untuk membiarkan passwd menerima kata sandi dari STDIN daripada meminta kata sandi baru dua kali.
echo "password123" | passwd --stdin kuroi

Oke mung kin sekian tutorial kali ini, jika ada yang ditanyakan silahkan komentar.

Artikel Terkait Linux ,Utilities