Mengatasi Masalah Audio di Kali Linux

Saturday, October 13, 2018

Mengatasi Masalah Audio di Kali Linux - Kali Linux adalah distro yang diperuntukkan bagi orang yang mendalami masalah keamanan jaringan. Merupakan turunan dari Debian, selain user friendly juga memiliki beberapa bug yang mungkin mempengaryhu beberapa pengguna. Masalah yang paling sering muncul bagi pengguna Debian dan turunannya adalah masalah audio dimana kadang audio tidak bekerja. Contohnya saat memutar musik atau video suara tidak muncul.
Nah di tutorial ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah audio tidak bekerja di Kali Linux.


Memperbaiki Masalah Audio di Kali Linux
Pertama, kita kill semua proses yang berhubungan dengan audio di Kali Linux. Dalam kasus ini, kita kill proses pulseaudio.
sudo killall pulseaudio

Selanjutnya kita purge semua paket yang berhubungan dengan pulseaudio.
sudo apt-get purge pulseaudio pulseaudio-utils gstreamer0.10-pulseaudio paman pavumeter pavucontrol

Kita gunakan purge dan bukan remove karena untuk menghapus semua paket beserta konfigurasi yang mungkin masih tersimpan.

Selanjutnya, kita membutuhkan alternatif dari pulseaudio yang sebelumnya sudah kita hapus. Disini kita gunakan Alsa. Install Alsa dan dependensinya dengan perintah berikut:
sudo apt-get install alsa-base alsa-tools alsa-tools-gui alsa-utils alsa-oss alsamixergui libalsaplayer0

Setelah Alsa terinstall, kita membutuhkan aplikasi lain untuk mengontrolnya. Disini saya merekomendasikan Kmix.
sudo apt-get install kmix

Selanjutnya reboot sistem agar kmix dan alsa di load. Setelah kmix terinstall, kita bisa kembali menginstall pulseaudio.
sudo apt-get install pulseaudio

Terakhir adalah install gnome-core. Ini memberikan komponen dan dependensi yang mugkin kurang dan dibutuhkan oleh Desktop Environment Kali Linux.
sudo apt-get install gnome-core

Done. Seharusnya sekarang sudah tidak ada lagi masalah di audio Kali Linux kalian. Oke sekian tutorial kali ini dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Fix Error ,Kali Linux

No comments:

Post a Comment