Mengatasi Masalah Koneksi Internet yang Umum Terjadi di Sistem Operasi Linux

Kamis, 20 Desember 2018

Mengatasi Masalah Koneksi Internet yang Umum Terjadi di Sistem Operasi Linux - Kesulitan dengan koneksi internet Anda di Linux? Beberapa pengguna sistem operasi linux mengeluhkan adanya masalah pada koneksi internet saat sistem diupdate atau bahkan sudah bermasalah sejak baru diinstall. Ada yang tidak bisa terhubung ke wifi, interface tidak muncul, dll. Nah disini saya akan membahas cara yang umum digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.


Tidak Dapat Menemukan atau Mendeteksi Sinyal WiFI
Tidak bisa masuk ke internet karena kurangnya sinyal Wi-Fi adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna. Sayangnya, itu juga bisa sampai ke berbagai masalah yang berbeda. Jadi, mari kita lihat beberapa yang paling umum.

Pertama, ini terjadi karena wireless card tidak dinyalakan. Di beberapa kasus, wireless card mati pada saat booting dan membuat kita tidak dapat mengakses internet. Untuk melihat apakah ini masalah dan perbaiki, buka terminal lalu ketik "rfkill list all" dan tekan enter.

Jika kalian melihat output "soft block", ketik "rfkill unblock all" diikuti dengan Enter. Ini dapat memperbaiki masalah tersebut. Jika tidak, Anda mungkin perlu menonaktifkan IPv6. Router dan modem yang lebih tua cenderung memiliki masalah dengan IPv6 sehingga menonaktifkannya bisa memperbaiki masalah tersebut.

Pastikan Tidak ada Masalah dengan Hardware
Beberapa waktu lalu saya menemukan kasus dimana laptop jadul teman saya yang sebelumnya sudah tersimpan di gudang ingin diinstall Linux. Sukses, namun tidak bisa mendeteksi wifi. Sudah saya coba berbagai cara untuk mengatasinya namun gagal. Akhirnya karena penasaran, saya install Windows 7 beserta drivernya. Tidak terdeteksi juga. Ternyata memang hardwarenya bermasalah.

Jadi, pastikan tidak ada masalah di hardware sehingga tidak buang-buang waktu untuk melakukan troubleshoot.

Pastikan Driver yang Terinstall "Up To Date"
Jika hardware berfungsi dengan baik, bisa jadi yang bermasalah adalah driver. Jadi, mulailah dengan memeriksa semua driver jaringan bekerja dengan benar. Kemudian, perbarui mereka.

Pengguna Ubuntu dapat mengklik ikon roda gigi kecil yang terletak di sudut kanan di bagian atas desktop. Kemudian pilih pengaturan sistem, perangkat lunak & pembaruan, diikuti oleh driver tambahan.

Oke mungkin itu beberapa cara untuk mengatasi masalah koneksi yang umum terjadi di linux. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Artikel ,General