Menemukan Jaringan WiFi dengan Sinyal Terbaik di Linux Menggunakan LinSSID

Minggu, 10 Maret 2019

Cara Menemukan Jaringan WiFi dengan Sinyal Terbaik di Linux Menggunakan LinSSID. Jika kalian sedang di tempat umum dengan banyak sekali SSID WiFi publik bertebaran, mungkin kalian bingung mau konek ke SSID yang mana karena semua kekuatan jaringan terlihat sama. Nah, solusinya kita bisa menggunakan LinSSID. Scanner WiFi berbasis GUI untuk Linux.



Fungsi dari LinSSID sendiri sama dengan Inssider di Windows atau MacOS. LinSSID ditulis dengan bahasa pemrograman C++ dengan menggunakan tool NL80211, Qt5 serta Qwt di Linux.

Install LinSSID
Jika kalian adalah penguna Ubuntu (dan turunannya), kalian bisa menginstall LinSSID dengan menambahkan repository PPA dari LinSSID ke sistem lalu menginstallnya.
sudo add-apt-repository ppa:wseverin/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install linssid
Atau alternatifnya, kalian bisa download installer berekstensi .deb ataupun source codenya di halaman SourceForge mereka. Contoh
wget https://nchc.dl.sourceforge.net/project/linssid/LinSSID_3.6/linssid_3.6-1_amd64.deb
sudo dpkg -i linssid_3.6-1_amd64.deb

Menggunakan LinSSID
Cukup buka aplikasinya lalu klik logo play saja untuk memilai scanning SSID yang terjangkau oleh device atau sistem linuxmu.

LinSSID akan menampilkan rincian nama SSID, MAC, Channel, Security, Privacy, Protocol, Cipher, Quality, dan Signal dari masing masing SSID yang telah ditemukan. Kalian juga dapat menampikan informasi lainnya seperti rincian bandwith dengan cara meng-klik menu View dan pilih opsi yang diinginkan. LinSSID juga dapat menampilkan grafik kekuatan sinyal secara realtime.

Baiklah mungkin asekian sharing kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Artikel Terkait Linux ,Utilities ,WiFi