Menambahkan Parameter Nomodeset saat Booting di Ubuntu dan Linux Mint

Jumat, 15 Maret 2019

Menambahkan Parameter Nomodeset saat Booting di Ubuntu dan Linux Mint. Seringkali pengguna mengalami masalah saat ingin menginstall ataupun sesudah menginstall Ubuntu atau Linux Mint ke hardware mereka. Masalah yang muncul adalah Ubuntu atau Linux Mint hang saat desktop muncul. Hang tersebut bukan dikarenakan spesifikasi yang tidak cukup, melainkan karena ketidakcocokan hardware yang kita gunakan dengan driver open source yang disediakan oleh OS.



Di kasus saya sendiri, saat menginstall Ubuntu laptop hang padahal spesifikasi yang saya milliki adalah prosesor i7 generasi7, GTX 1060 6GB, dan RAM 16GB. Mungkin (maaf) karena driver open source mereka tidak mendukung spek mahal yang saya miliki.

Solusinya adalah dengan menambahkan parameter nomodeset sebelum booting ke sistem. Saat GRUB2 muncul, tekan tombol E, lalu edit parameter quiet splash dan ganti dengan nomodeset.


Parameter nomodeset sendiri digunakan agar driver vga default yang bermasalah tidak diload saat booting. Hasilnya, tampilan setelah booting mungkin menjadi jelek, karena memang belum ada driver yang diload. Namun hal ini akan mengatasi masalah hang sebelumnya.

Lalu apa langkah selanjutnya?
Jika kasus hang ini adalah saat kalian ingin menginstall Linux Mint atau Ubuntu, lanjutkan instalasi sampai selesai. Kemudian setelah instalasi, maka akan hang lagi saat booting. Ulangi langkah diatas (menambahkan parameter nomodeset), lalu install driver VGA terbaru setelah masuk ke desktop.


Di tutorial ini contohnya adalah Linux Mint. Namun karena Linux Mint sendiri juga turunan dari Ubuntu, maka di Ubuntu juga sama saja. Mungkin ada perbedaan sedikit, tinggal sesuaikan saja.

Oke sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

Artikel Terkait Fix Error ,Linux Mint ,Ubuntu