Cara Uninstall Snap di Ubuntu

Cara Uninstall Snap di Ubuntu Linux. Snap berguna untuk memudahkan instalasi paket di Ubuntu. Mulai dari Ubuntu 16.04, snap sudah menjadi bagian dari sistem. Yakni snap masuk dalam software preinstalled di Ubuntu. Namun, bagi sebagian orang merasa snap tidak terlalu dibutuhkan. Terutama bagi saya pribadi karena gara-gara snap inilah booting saya jadi lambat (karena ketidakcocokan dengan hardware).

Mengapa Menghapus Snap?

Selain alasan yang sudah saya sebutkan di awal, ada beberapa alasan lain kenapa saya memilih untuk bertahan di paket manajer apt dan menolak menggunakan snap. 
Seseorang mungkin memilih untuk tetap menggunakan paket manajer apt daripada beralih ke snap karena beberapa alasan. Salah satunya adalah preferensi terhadap kestabilan dan ketersediaan paket yang sudah ada dalam repositori apt, yang telah diuji dan dipercaya untuk distribusi yang digunakan. Beberapa pengguna mungkin merasa penggunaan apt lebih mudah dan lebih cepat untuk mengakses dan mengelola paket-paket di sistem mereka, sementara pengguna lain mungkin merasa bahwa snap tidak seefektif apt dalam penggunaan sumber daya sistem. Akibatnya, beberapa pengguna tetap menggunakan apt sebagai opsi utama.

Cara Uninstall Snap

Cara untuk menghapus snap dari Ubuntu dengan aman sangat mudah. Pertama, pastikan kalian menghapus semua paket yang diinstall menggunakan snap (jika kalian pernah menginstall paket melalui snap).
snap list
sudo snap remove <package>
Selanjutnya jalankan perintah berikut untuk menghapus snap dari sistem:
sudo apt remove --purge snapd snap

rm -rf ~/snap/ 
sudo rm -rf /var/cache/snapd 

Maka paket snap dan paket lain yang berhubungan dengan snap akan dihapus.
Mudah bukan? Baiklah sekian tutorial singkat kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Uninstall Snap di Ubuntu"