Mengatasi Kernel Panic - Not Syncing: VFS: Unable to Mount Root FS on Unknown di Ubuntu Linux

Rabu, 15 Mei 2019

Mengatasi Kernel Panic - Not Syncing: VFS: Unable to Mount Root FS on Unknown di Ubuntu Linux. Jika di Windows kita mengenal blue screen, di Linux pun ada error yang serupa yakni kernel panic. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi kernel panic dengan pesan error "Kernel Panic - not syncing: VFS: Unable to mount root fs on unknown-block(0,0)".



Penyebab Kernel Panic "Unable to Mount Root FS on Unknown"
Menurut referensi yang saya baca, ada dua penyebab yang menjadikan error ini terjadi. Pertama, karena space pada partisi /boot penuh. Hal ini berlaku jika partisi /boot kalian dipisah dari sistem. Dan penyebab kedua, karena hilangnya salahsatu file penting (dalam kasus ini adalah initramfs), komponen penting untuk memuat file sistem temporary ke penyimpanan saat proses booting, yangmana ketika komponen tersebut tidak ada maka proses booting menjadi gagal dan menyebabkan kernel panic.

Jika penyebabnya adalah yang pertama, yakni partisi boot yang penuh, solusinya adalah dengan menghapus kernel yang tidak digunakan.
Caranya

  • Boot ke sistem dengan kernel sebelumnya
  • Login, lalu masukkan perintah sudo apt-get autoremove untuk menghapus file kernel lawas yang tidak terpakai.

Atau jika penyebabnya adalah karena hilangnya initramfs, maka solusinya adalah dengan memilih Advanced Options di GRUB Ubuntu, pilih recovery mode, lalu jika sudah masuk ke shell, jalankan perintah berikut untuk meng-generate file initramfs baru
sudo update-initramfs -u -k 4.15.0-36-generic
sudo update-grub
Sesuaikan sendiri versi kernelnya dengan versi kernel yang error milik kalian.

Jika langkah diatas belum berhasil, atau kalian malah gagal booting melalui recovery mode, kalian bisa booting menggunakan versi kernel sebelumnya atau bisa juga dengan live cd, lalu masukkan perintah berikut
sudo fdisk -l
Perintah diatas untuk melihat dimana letak partisi sistem Linux kita. Anggap disini sistem kita ada di /dev/sda2, selanjutnya jalankan perintah
sudo mount /dev/sda2 /mnt
sudo mount --bind /dev /mnt/dev
sudo mount --bind /dev/pts /mnt/dev/pts
sudo mount --bind /proc /mnt/proc
sudo mount --bind /sys /mnt/sys
sudo chroot /mnt 
update-initramfs -u -k 4.15.0-36-generic
sudo update-grub
Sesuaikan sendiri versi kernelnya. Jika kalian bingung versi kernel yang dipakai, cek dengan perintah
dpkg --list | grep linux-image

Jika proses sudah selesai, reboot sistem kalian, dan seharusnya sekarang sudah tidak ada lagi masalah saat booting di Ubuntu.

Selamat, kalian sudah berhasil mengatasi masalah "Kernel Panic - not syncing: VFS: Unable to mount root fs on unknown-block(0,0)". Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share juga ke teman teman kalian agar mereka tau.

Artikel Terkait Fix Error ,Ubuntu