Melihat Informasi PHP Menggunakan Phpinfo

Rabu, 15 Mei 2019

Cara Melihat Informasi PHP yang Terinstall dengan Script Phpinfo. Hal pertama yang saya lakukan setelah selesai melakukan setup server biasanya adalah mengupload phpinfo di web server untuk melihat apakah konfigurasi yang saya lakukan sudah benar, dan untuk mengecek apa saja yang perlu diubah. Atau mungkin kalian ingin melihat spesifikasi PHP yang terinstall di hosting yang barusaja kalian beli, maka solusinya adalah menggunakan phpinfo.

Berikut adalah cara melihat informasi PHP menggunakan pipinfo.

Menggunakan CLI
Melihat informasi PHP menggunakan terminal lebih aman dan lebih simple karena kalian hanya membutuhkan php-cli saja. Perintah yang digunakan pun cukup sederhana, yakni php --info atau php -i. Namun karena outputnya bakal panjang, kalian bisa gunakan less untuk membatasinya.
php --info | less

Menggunakan Script PHP
Melihat informasi PHP menggunakan flag --info di terminal sebenarnya sudah cukup. Namun jika kalian ingin melihat output yang lebih enak dibaca karena outputnya sudah bentuk HTML, kalian bisa gunakan script phpinfo.

Kalian bisa jalanlkan script phpinfo dengan meletakkan script PHP dengan isi "<?php phpinfo();" di lokasi webroot server yang sudah terintegrasi dengan PHP. Namun saya sendiri kurang merekomendasikan hal ini, terutama jika itu server production. Lebih baik kita gunakan built-in server dari PHP.

Pertama kita buat sebuah file .php di direktori /tmp
echo "<?php phpinfo();" | tee /tmp/info.php
Lalu jalankan built-in web server milik PHP di direktori tersebut.
php -S 0.0.0.0:31337 -t /tmp
Lalu akses script tersebut via browser.
domain.com:31337/info.php
Contoh output:

Selesai. Kalian telah berhasil membuat file phpinfo untuk melihat informasi PHP yang terinstall di server. Ini berguna untuk mengecek konfigurasi hosting atau ingin menjalankan software yang membutuhkan beberapa module PHP.

Terakhir, pastikan kalian segera menghapus file phpinfo atau menghentikan web server php yang dijalankan dengan menekan tombol ctrl + c setelah selesai. Jangan biarkan publik atau visitor melihat spesifikasi server maupun modul yang terinstall didalamnya.

Artikel Terkait PHP ,Server