Install dan Kelola Aplikasi Snap di Ubuntu Melalui Snap Store

Kamis, 30 Mei 2019

Install dan Kelola Aplikasi Snap di Ubuntu Melalui Snap Store. Snap Store adalah aplikasi berbasis GUI yang digunakan untuk menemukan, menginstall, maupun mengelola aplikasi snap di Linux. Fungsinya mirip seperti Ubuntu Software Center, hanya saja Snap Store dikhususkan untuk aplikasi snap.


Snap Store sendiri menampilkan aplikasi-aplikasi unggulan dan populer dengan deskripsi, peringkat, ulasan, dan tangkapan layar yang mungkin dapat menjadi gambaran dari aplikasi yang akan kalian install. Aplikasi dapat ditemukan baik melalui kategori penelusuran atau dengan mencari.

Aplikasi di Snap Store sendiri dapat ditemukan dengan cara diklik per kategori ataupun dengan memanfaatkan fitur pencarian. Snap Store didasarkan pada GNOME software dan dioptimalkan untuk pengalaman penggunaan snap yang lebih baik.


Untuk menginstall Snap Store, pastikan di sistem kalian sudah terinstall snapd. Jika belum, kalian bisa install melalui repository (jika tersedia). Di Ubuntu sendiri snapd sudah terinstall secara default.
Untuk instalasinya sendiri bisa jalankan perintah untuk menginstall software melalui snap
sudo snap install snap-store
Setelah terdownload dan terinstall, kalian bisa jalankan aplikasinya dengan cara mencari "Snap Store" di daftar aplikasi atau dengan cara mengklik icon aplikasi berlogo tas belanja seperti berikut:
Sekarang kalian terlah berhasil menginstall Snap Store. Mudah bukan?
Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Share juga ke teman-teman mu jika informasi ini bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Ubuntu ,Utilities