Cara Upgrade OS di Ubuntu Server Melalui Koneksi SSH

Rabu, 17 Juli 2019

Cara Upgrade OS di Ubuntu Server Melalui Koneksi SSH. Jadi ceritanya saya pengen upgrade OS di VPS karena OS yang saya gunakan sebelumnya sudah tidak dimaintain lagi. Nah, di panel provider VPSnya ternyata tidak ada menu untuk upgrade OS. Jika ingin upgrade bisa, namun harus menghubungi terlebih dahulu melalui email. Karena saya pikir responnya bakal lama, saya upgrade sendiri saja lewat koneksi SSH.


Sebelum melakukan upgrade lewat SSH ada beberapa yang harus diperhatikan:
  • Karena ini adalah upgrade lewat SSH, maka ada kemungkinan terjadi kegagalan. Sebaiknya backup semua file yang sekiranya penting. Jika filenya berukuran besar (dalam kasus saya sendiri adalah file backup website dan databasenya), sinkronkan saja ke Google Drive. Bisa dilakukan dengan tool gdrive-cli.
  • Selain file penting,beberapa konfigurasi yang tersimpan kemungkinan juga akan terhapus jika paket yang ada di sistem operasi lama diharuskan untuk dihapus, sebaiknya simpan konfigurasi tersebut agar nantinya tinggal direstore dengan beberapa perubahan. (Sebagai contoh, file php.ini di php-fpm).

Cara Upgrade OS di Ubuntu Server via SSH

Oke sekarang ke proses upgrade. Pertama, update dan install screen. Kita akan upgrade OS nya via screen agar nantinya saat ada kendala (misalnya mati listrik tiba-tiba) dan kita terputus dari SSH, kita tetap bisa melanjutkan proses upgrade.
sudo apt-get update
sudo apt-get install screen
Selanjutnya jalankan screen untuk membuat sesi baru
screen -R upgrade
Ini untuk membuat screen dengan nama upgrade. Selanjutnya tinggal upgrade OS dengan perintah:
sudo do-release-upgrade
Langkah selanjutnya tinggal kita pilih opsi Y saya jika ada dialog proses instalasi. Namun jangan asal tekan Y juga, sebaiknya dibaca perintah atau pertanyaannya. Nah, jika pertanyaannya adalah tentang apakah ingin menginstall paket dengan konfigurasi default, pilih N saja agar konfigurasi yang terinstall adalah konfigurasi yang sebelumnya sudah diatur, sehingga kita tidak perlu mengkonfigurasi ulang. Oke begitu seterusnya sampai proses instalasi selesai. Di kasus saya sendiri prosesnya hanya sekitar 4 menitan. Tergantung kualitas koneksi di vps juga. Catatan:
  • Perlu diketahui bahwa melakukan upgrade dengan hanya terhubung ke SSH adalah tindakan yang beresiko. Lakukan hanya jika kalian sudah yakin. Jika kurang yakin, lebih baik kalian hubungi provider dan minta tolong untuk mengupgradekan.
  • Saat proses upgrade akan terjadi downtime terutama saat instalasi paket webserver dan mysql server. Jika kalian memiliki website dengan ratusan pengunjung realtime, tentu hal seperti ini akan sangat disayangkan. Lakukan upgrade di waktu pengunjung agak sepi, misalnya di tengah malam.
Oke mungkin sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

Artikel Terkait Server ,Ubuntu