Cara Update dan Upgrade di CentOS Linux

Jumat, 02 Agustus 2019

Cara Update dan Upgrade di CentOS. Oke kali ini saya akan sharing bagaimana cara mudah untuk upgrade sistem CentOS. Di tutorial ini saya menggunakan CentOS 7.


Cek Update yang Tersedia
Untuk memeriksa paket yang tersedia versi barunya, gunakan perintah
sudo yum check-update
Membersihkan Cache
Langkah ini sebenarnya opsional, namun saya sendiri lebih memilih "cari aman" dengan membersihkan cache dan paket installer yang masih tersimpan di lokal. Hal ini untuk berjaga jaga agar nanti tidak terjadi error saat melakukan upgrade.
sudo yum clean all
Upgrade Sistem
Selanjutnya, kita upgrade sistem dengan perintah
sudo yum update
atau
sudo yum upgrade

Banyak yang bertanya kepada saya, apa sih bedanya yum update dan yum upgrade? Apakah sama dengan paket manager apt di Debian?
Jika dibanding dengan apt, parameter update dan upgrade di yum berbeda. Di apt, update digunakan untuk merefresh repository, sementara upgrade digunakan untuk menginstall paket dari repository (setelah dilakukan update dengan perintah sudo apt-get update).

Nah di CentOS dan RHELL, yum update dan yum upgrade memiliki fungsi yang sama, yakni mengupdate sistem ke versi rilis terbaru. Bedanya adalah, perintah yum update akan mengupdate seluruh paket ke versi terbaru, dengan catatan, yum akan memeriksa apakah seluruh dependensi paket terpenuhi, dan jika ada paket yang dependensinya sudah usang (dan tidak didukung lagi di versi terbaru), maka yum akan membiarkan paket tersebut tetap terinstall. Sementara, yum upgrade akan mengupdate seluruh paket ke versi terbaru, dan menghapus paket yang sudah dianggap usang.

Singkatnya, yum update akan membiarkan paket usang yang sudah tidak didukung lagi tetap terinstall, sementara yum upgrade akan menghapus paket usang tersebut. Jadi terserah kalian mau pilih opsi yang mana, tergantung kebutuhan juga. Saya pribadi lebih memilih yum update dibanding yum upgrade. Menurut man page yum, perintah yum upgrade sendiri setara dengan perintah yum update dengan tambahan flag --obsoletes.

Oke mungkin sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Artikel Terkait CentOS