Melihat Informasi Hardware di GNU/Linux menggunakan CPU-X

Melihat Informasi Hardware di GNU/Linux menggunakan CPU-X. Ada beberapa tool atau aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat informasi hardware di GNU/Linux. Mungkin bagi kalian pengguna sistem operasi Windows familiar dengan CPU-Z. Nah, di GNU/Linux ada aplikasi serupa bernama CPU-X. Aplikasi untuk melihat informasi hardware di sistem linux, dan tentunya aplikasi ini open source.



Cara Install CPU-X
Ada beberapa cara untuk instalasi CPU-X. Pertama, kalian bisa compile langsung dari source. Namun sebelumnya kita juga perlu menginstall libcpuid karena di beberapa sistem operasi belum tersedia.
git clone https://github.com/anrieff/libcpuid
cd libcpuid
libtoolize
autoreconf --install
./configure
make -j`nproc`
sudo make install
Sekarang kalian bisa compile CPU-X dengan perintah
git clone https://github.com/X0rg/CPU-X.git
mkdir CPU-X/build && cd $_
cmake -DCMAKE_BUILD_TYPE=Release ..
make -j`nproc`
sudo make install

Atau, cara kedua kalian download binarynya dari laman download CPU-X. Ada beberapa varian yang bisa didownload, dan disini saya ambil yang .deb untuk Ubuntu karena sama menggunakan Ubuntu.
Lanjut ekstrak file nya, dan didalamnya ada beberapa folder lagi. Disini saya langsung masuk ke direktori xUbuntu_18.04/amd64 karena saya menggunakan Ubuntu 18.04 64bit. Lalu tinggal install saja semua paketnya dengan perintah
sudo dpkg -i *

Menggunakan CPU-X
Caranya cukup mudah, kalian tinggal klik icon CPU-X di menu Applications, lalu CPU-X akan terbuka. Tampilannya sendiri menurut saya yang paling mirip dengan CPU-Z, aplikasi untuk melihat informasi hardware yang cukup populer di Windows.

Di CPU-X sendiri kalian bisa melihat informasi detail seputar CPU, motherboard, BIOS dan chipset. Serta bisa memonitor suhu CPU secara realtime. Jika tertarik mungkin kalian bisa coba sendiri.

Baiklah mungkin sekian saja artikel singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.