Cara Download Torrent di Linux menggunakan Transmission

Rabu, 06 November 2019

Cara Download Torrent di Linux menggunakan Transmission. Beberapa waktu lalu saya pernah membahas bagaimana cara download torrent menggunakan terminal. Nah, jika kalian lebih suka yang GUI, kalian bisa coba Transmission.



Alasan saya merekomendasikan ini adalah karena aplikasi ini free dan open source. Tampilannya simple dan ringan, serta tidak ada iklan di dalam aplikasi.

Di Ubuntu dan juga Debian (serta turunannya), Transmission memang belum terinstall secara default namun sudah tersedia di repository dan dapat diinstall menggunakan apt. Jalankan perintah berikut untuk merefresh repository dan juga menginstall Transmission
sudo apt update && sudo apt install transmission -y

Oke sekarang Transmission sudah terinstall. Saatnya mengunduh file torrent di website favorit kalian.
Baca juga:

Di tutorial ini saya akan mencoba download dari website nyaa.si.
Biasanya situs situs download torrent menyediakan minimal dua opsi, yakni download file .torrent, atau magnet link dimana kita bisa langsung mengunduh file torrent tanpa mengunduh file .torrent nya terlebih dahulu.

Dan Transmission sendiri sudah mendukung manget link sehingga ketika mendeteksi url magnet:// akan langsung dicapture. Kita coba menggunakan magnet link.

Lihat, aplikasi Transmission akan langsung terbuka.
Langsung klik Open maka proses download akan segera dimulai.

Perlu diketahui bahwa sistem unduh file torrent adalah P2P sharing dimana saat kita mengunduh file kita juga melakukan proses upload. Kalian bisa membatasi bandwidth upload jika kalian mau. Di Transmission klik Edit > Preferences > Speed

Kecepatan download kalian juga sangat bergantung pada banyaknya seed pada sebuah file torrent. Makin banyak seeder makin cepat pula proses downloadnya.

Oke mungkin itu saja tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Utilities