Emergency Shutdown atau Reboot menggunakan SysRq di Linux

Rabu, 06 November 2019

Emergency Shutdown atau Reboot menggunakan SysRq di Linux. Jika kalian menemukan kasus dimana kalian harus melakukan shutdown atau reboot paksa di sistem operasi linux, dan tidak bisa menggunakan perintah atau mengetik perintah di terminal, kalian bisa coba menggunakan kombinasi tombol SysRq.


Pertama, enable terlebih dahulu SysRq dengan cara mengedit file konfigurasi berikut
sudo nano /etc/sysctl.conf
Selanjutnya tambahkan baris berikut di paling bawah
kernel.sysrq=1
Lihat screenshot berikut
Sekarang reload konfigurasi dengan perintah
sudo sysctl -p
Perubahan konfigurasi ini bersifat permanen. Kalian harus menghapusnya kembali jika merasa tidak diperlukan / ingin menonaktifkan fitur ini.

Pada beberapa keyboard, tombol SysRq dibuat terpisah. Namun di beberapa laptop model baru, tombol SysRq dijadikan satu dengan tombol Print Screen (PrtScr).
Dan berikut beberapa opsi yang bisa digunakan di SysRq.

  • b - Melakukan reboot secepatnya, tanpa melakukan sync unmount filesystem.
  • o - Jika memungkinkan, sistem akan di shutdown. Hati hati menggunakan opsi ini, terlebih jika kalian melakukannya di linux server dan hanya memiliki akses remote, tanpa memiliki akses fisik untuk menghidupkannya kembali.
  • s - melakukan sync seluruh mounted filesystem (flush data to disk).
  • u - Remount seluruh mounted filesystems di mode read-only.
  • e - Untuk mengirim singnal SIGTERM (atau kill -15), sehingga proses terminate bisa lebih "halus". Penjelasan lebih lanjut bisa kalian cari di google dengan keyword "sigterm dan sigkill".
Nah, sebagai contoh disini server yang saya kelola mengalami hang, tidak bisa mengakses shell. Maka kita bisa melakukan reboot secepatnya menggunakan kombinasi tombol
Alt + SysRq (atau tombol PrtScr) + b . Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Atau jika kalian masih punya akses ke shell, namun command command lain untuk mematikan sistem tidak bisa seperti perintah halt, reboot, shutdown dll gagal, gunakan perintah berikut
sudo su
echo b > /proc/sysrq-trigger
Maka perintah ini sama saja dengan kombinasi tombol Alt + SysRq + b.

Oke mungkin itu saja tutorial singkat kali ini. Perintah perintah diatas sangat membantu terutama dalam keadaan darurat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Server