Perintah du untuk Melihat Penggunaan Disk di Linux

Minggu, 03 November 2019

Perintah untuk Melihat Penggunaan Disk Space di Linux. Di sistem operasi GNU/Linux sebenarnya kita bisa melihat penggunaan disk space menggunakan GUI layaknya di Windows. Namun sepertinya belum bisa disebut "pengguna linux" kalo kita belum berkenalan dengan terminal command. Nah, di tutorial ini saya akan sharing bagaimana cara melihat disk usage pada sebuah direktori ataupun file di linux.

Kalian bisa menggunakan perintah du (disk usage) untuk melihat penggunaan disk.
Perintah yang paling umum digunakan adalah
du -h /direktori
Misal
du -h /home/yuzuriha
opsi -h disitu digunakan untuk membuat outputnya menjadi human readable (Bytes, Kilobytes, Megabytes, Gigabytes). Tanpa opsi -h, ukuran yang ditampilkan seluruhnya dalam KB, sehingga cukup membuat bingung kalau ukuran filenya bergiga-giga.

Secara default, yang ditampilkan oleh du adalah direktori saja. Jika ingin menampilkan juga penggunaan disk dari file satu per satu, gunakan opsi -a.
du -ah /direktori
Contoh
du -ah /home/yuzuriha/

Untuk melihat penggunaan total dari direktori tanpa memperlihatkan sub direktori didalamnya, gunakan opsi -s. Contoh perintah
du -sh /direktori
Misal
du -sh /home/yuzuriha

Untuk menampilkan penggunaan disk berdasarkan modification time, gunakan opsi --time.
Contoh
du -h --time  /home/yuzuriha

Oke mungkin itu beberapa perintah yang sering digunakan.
Untuk melihat opsi opsi lain dari du yang bisa digunakan, cek menggunakan perintah
man du
du --help
Oke mungkin sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Perintah Terminal