BlackArch – Distro Hacking Ringan Turunan Arch Linux

Senin, 09 Desember 2019

BlackArch – Distro Hacking Ringan Turunan Arch Linux. Jika kalian sedang mencari distribusi linux untuk keperluan hacking, mungkin bisa coba BlackArch. BlackArch sendiri sesuai namanya merupakan distribusi turunan Arch Linux.

Jadi saat menginstall BlackArch kalian akan mendapat fitur-fitur unggulan Arch Linux seperti AUR dan pacman. Dan tentunya distro ini juga rolling release. Repository BlackArch sendiri menyediakan sekitar 2406 tools hacking siap pakai.

Ukuran ISO nya sendiri lumayan gila, sekitar 15GB. Namun tenang karena kalian bisa menginstall tools BlackArch di sistem operasi Arch Linux jika kalian merupakan pengguna Arch sebelumnya.
Bahkan kalian bisa langsung men-transform Arch Linux menjadi BlackArch jika kalian juga menginstall desktop BlackArch.

Untuk toolsnya, jangan ditanya lagi. Dengan ukuran sebesar itu, tools nya jelas lebih lengkap dari Kali Linux. Bahkan besar kemungkinan ada banyak tools yang tidak terpakai nantinya.

Untuk desktop, BlackArch menggunakan windows manager Fluxbox sehingga akan lebih ringan dibanding menggunakan DE.

Namun untuk varian WM lain juga tersedia seperi i3, awesomeWM, maupun spectrwm.


Saya sendiri lebih merekomendasikan untuk menginstall tools BlackArch di sistem operasi Arch yang sudah terinstall terlebih dahulu. Namun jika kalian ingin mengunduh ISO nya sebesar 15GB, kalian bisa klik link berikut.
Oke mungkin sekian postingan singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Distribusi Linux