6 Hal yang Harus Dilakukan setelah Install Kali Linux

Minggu, 01 Desember 2019

Hal yang Harus Dilakukan setelah Install Kali Linux. Oke ini adalah artikel rekomendasi apa saja yang harus dilakukan setelah install Kali Linux.

Menambahkan Repository Kali Linux Rolling
Kali Linux adalah salahsatu distro rolling release dan pastikan kalian menambahkan repository rolling release ini di sistem operasi Kali Linux kalian agar kalian bisa menginstall maupun mengupgrade paket atau aplikasi ke versi terbaru.
Untuk artikel lengkapnya bisa cek disini:
Update dan Upgrade Sistem
Selanjutnya setelah menambahkan repository rolling, pastikan kalian mengupgrade seluruh tool yang ada di Kali Linux ke versi terbaru. Upgrade ini sangat berguna untuk mendapatkan paket atau tool terbaru, karena bisa saja paket yang diupgrade tersebut merupakan paket yang memiliki bug.

Dan tentu saja kalian tidak ingin menjalankan fresh installed sistem dengan software yang outdated, apalagi ini Kali Linux. Untuk update dan upgrade jalankan perintah
sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade -y

Install Git
Jika kalian menggunakan Kali untuk keperluan pentesting, maka salahsatu tool yang wajib diinstall adalah git karena ada banyak modul maupun tool menarik yang dapat di clone dari repository git seperti github dan gitlab.
Jalankan perintah
sudo apt-get update && sudo apt-get install git
Install Terminal Multiplexer
Ini akan sangat membantu terutama dalam multitasking. Ada banyak aplikasi terminal multiplexer yang bisa kalian coba.
Salahsatu rekomendasi saya adalah Tilix Terminal Emulator. Kalian juga bisa coba yang lain seperti tmux atau dvtm.

Install Code Editor
Bagi yang terbiasa dengan terminal, vim sudah lebih dari cukup untuk mengedit code atau script. Apalagi banyak plugin yang bisa dimanfaatkan.

Namun kalian juga bisa install editor GUI seperti Atom atau VS Code.
Buat User Baru dengan Hak Akses Admin
Login default Kali Linux adalah root. Kita tidak diberi opsi untuk membuat user baru selama proses instalasi. Penggunaan user root untuk login ke sistem sendiri kurang direkomendasikan. Bahkan beberapa aplikasi akan error ketika kalian buka dengan user root misalnya VLC.

Perintah untuk menambahkan user baru. Misal disini saya ingin membuat user baru dengan akses sudo dengan username nino.
sudo adduser nino
sudo usermod -aG sudo nino
Selengkapnya bisa baca disini:
Oke mungkin itu saja beberapa hal yang harus dilakukan setelah menginstall Kali Linux. Untuk selanjutnya bisa dipelajari sambil jalan.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Kali Linux