Install Aplikasi WhatsApp di Ubuntu dan Debian

Install Aplikasi WhatsApp di Ubuntu dan Debian. Kita sebenarnya bisa memanfaatkan browser seperti Chrome, Firefox, ataupun browser lainnya untuk mengakses WhatsApp Web. Namun saya pribadi lebih memilih untuk menggunakan aplikasi terpisah dari browser, jika aplikasi tersebut memang tersedia. Contohnya di Windows 10 kita bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop yang tersedia di Windows Store.

Sayangnya, untuk Linux belum tersedia WhatsApp Desktop official. Namun tenang saja karena kalian bisa menggunakan aplikasi alternatif. Ada banyak aplikasi whatsapp yang bisa dicoba di linux, namun disini ada dua alternatif aplikasi WhatsApp yang sudah saya coba dan saya rekomendasikan.

WhatsDesk


Yang pertama adalah WhatsDesk.
Untuk instalasinya  cukup mudah. Kalian bisa menggunakan Snap.
sudo snap install whatsdesk
Dengan snap, kalian bisa menginstall WhatsDesk di sistem operasi yang mendukung snap seperti Ubuntu, Debian, Arch Linux, CentOS, Fedora, dll. Namun jika kalian lebih memilih cara tradisional yakni menggunakan dpkg, kalian juga bisa unduh file .deb nya disini:
  • https://zerkc.gitlab.io/whatsdesk/
sudo dpkg -i whatsdesk_0.2.18_amd64.deb
Lalu install dependensi yang kurang dengan perintah
sudo apt install -f

Untuk sourcecodenya kalian juga bisa cek repository berikut:
https://gitlab.com/zerkc/whatsdesk

WhatsApp for Linux

Yang kedua adalah WhatsApp for Linux.

Saat ini client WhatsApp untuk Linux yang support update terbaru adalah WhatsApp for Linux. WhatsApp for Linux adalah aplikasi WhatsApp unofficial untuk Linux yang ditulis dengan bahasa C++.

Untuk instalasinya kalian bisa langsung ke halaman release di GitHub. Untuk pengguna Ubuntu, Debian dan turunannya bisa menggunakan file installer .deb.


Untuk compile dari sourcenya kalian bisa langsung cek di Github mereka.

  • https://github.com/eneshecan/whatsapp-for-linux
Oke mungkin itu saja tutorial sederhana kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.