Install Aplikasi WhatsApp di Ubuntu dan Debian

Rabu, 26 Februari 2020

Install Aplikasi WhatsApp di Ubuntu dan Debian. Kita sebenarnya bisa memanfaatkan browser seperti Chrome, Firefox, ataupun browser lainnya untuk mengakses WhatsApp Web. Namun saya pribadi lebih memilih untuk menggunakan aplikasi terpisah dari browser, jika aplikasi tersebut memang tersedia. Contohnya di Windows 10 kita bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop yang tersedia di Windows Store.

Sayangnya, untuk Linux belum tersedia WhatsApp Desktop official. Namun tenang saja karena kalian bisa menggunakan aplikasi alternatif. Ada banyak aplikasi whatsapp yang bisa dicoba di linux, namun saya lebih merekomendasikan WhatsDesk.


Untuk instalasinya  cukup mudah. Kalian bisa menggunakan Snap.
sudo snap install whatsdesk
Dengan snap, kalian bisa menginstall WhatsDesk di sistem operasi yang mendukung snap seperti Ubuntu, Debian, Arch Linux, CentOS, Fedora, dll. Namun jika kalian lebih memilih cara tradisional yakni menggunakan dpkg, kalian juga bisa unduh file .deb nya disini:
  • https://zerkc.gitlab.io/whatsdesk/
sudo dpkg -i whatsdesk_0.2.18_amd64.deb
Lalu install dependensi yang kurang dengan perintah
sudo apt install -f

Untuk sourcecodenya kalian juga bisa cek repository berikut:
https://gitlab.com/zerkc/whatsdesk

Oke mungkin itu saja tutorial sederhana kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Debian ,Ubuntu ,Utilities