Cara Install Apache Cassandra di Ubuntu dan Debian

Senin, 21 Desember 2020

Cara Install Apache Cassandra di Ubuntu dan Debian. Di tutorial ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana cara instalasi database NoSQL Cassandra. Untuk sistem yang digunakan sebagai contoh di tutorial ini adalah Ubuntu 18.04 LTS.

Cassandra adalah manajer database NoSQL yang dimiliki oleh Apache foundation. Software ini tersedia secara open source dan tersedia untuk beberapa distribusi Linux, di antaranya adalah Ubuntu dan Debian. Cassandra cepat dalam menangani data yang disimpan, namun keunggulan utamanya adalah skalabilitas.

Oke, untuk instalasi di Ubuntu sendiri cukup mudah. Yang perlu kalian pastikan adalah kalian harus sudah menginstall Java di Ubuntu sebelum menggunakan Cassandra.

Install Cassandra

Pertama, kita import keys milik Apache Cassandra terlebih dahulu.

wget -q -O - https://www.apache.org/dist/cassandra/KEYS | sudo apt-key add -

Sekarang kita pasang repository terbaru Cassandra yakni 3.11.x.

echo "deb https://downloads.apache.org/cassandra/debian 311x main" | sudo tee -a /etc/apt/sources.list.d/cassandra.sources.list

Update repo lalu install Cassandra dengan perintah

sudo apt-get update && sudo apt-get install cassandra

Untuk melihat apakah service Cassandra sudah berjalan atau belum, cek dengan command:

nodetool status

Untuk mengecek konfigurasi Cassandra, kalian bisa cek di direktori /etc/cassandra. Untuk mengecek log ada di /var/log/cassandra/ dan direktori data ada di /var/lib/cassandra.

Untuk terhubung ke database Cassandra jalankan perintah:

cqlsh

Oke mungkin sekian sharing singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Debian ,Ubuntu