Mengatasi Masalah Screen Tearing di Desktop XFCE

Kamis, 10 Juni 2021

Mengatasi Masalah Screen Tearing di Desktop XFCE. Di tutorial kali ini saya akan sharing sedikit bagaimna cara mengatasi masalah screen tearing saat kalian menggunakan desktop XFCE. Di kasus saya, screen tearing ini terjadi setelah kita login LightDM (display manager bawaan XFCE).

Sebenarnya saya sendiri baru mengalami masalah ini sekali saja karena sebelumnya di laptop lawas normal-normal saja. Namun setelah saya baca-baca artikel, ternyata screen tearing ini memang sering terjadi ketika kita menggunakan XFCE, meskipun driver sudah terinstall.

Nah, cara mengatasinya juga gampang banget. Cukup matikan fitur compositor XFCE, lalu ganti dengan yang lain, yang dalam tutorial ini kita akan menggunakan Compton.

Pertama buka XFCE Settings, lalu buka menu Windows Manager Tweaks. Di tab Compositor tinggal uncheck enable display compositing. Ikuti gambar dibawah ini.

Selanjutnya install Compton. Jika kalian menggunakan Debian-based, cukup gunakan apt karena sudah tersedia di repository.

sudo apt install compton

Selanjutnya kembali buka XFCE Settings, lalu buka menu Session and Startup. Tambahkan aplikasi Compton di autostart. Berikut commandnya:

/usr/bin/compton --backend glx --paint-on-overlay --vsync opengl-swc
Jika bingung, lihat gambar.

Selesai. Untuk mengkonfirmasi apakah screen tearingnya sudah teratasi atau belum, kalian bisa logout lalu login kembali.

Baiklah sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyalah silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Desktop ,XFCE