Mengatasi Overheat pada Laptop Linux

Mengatasi Overheat pada Laptop Linux. Di tutorial ini saya akan sharing sedikit pengalaman bagaimana cara mengatasi overheat pada laptop yang saya gunakan. Singkatnya, baru-baru ini saya menyadari bahwa laptop saya menjadi lebih cepat panas dari biasanya.

Saya sudah melakukan konfigurasi TLP maupun Thermald, namun ternyata itu tidak membantu. Nah ternyata masalahnya muncul karena ada proses tidak wajar yang berjalan di background. Dan di artikel kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana cara menemukan proses tersebut, serta mengatasi agar proses tersebut tidak berjalan kembali.

Pertama, untuk memeriksa suhu bisa gunakan perintah sensors.


Setelah beberapa eksperimen dilakukan dan laptop masih saja panas, saya curiga ada proses yang menyebabkan panas tersebut. Selanjutnya kalian bisa gunakan perintah top ataupun ps -aux --sort=-pcpu | head -n5 untuk melihat proses di linux yang memakan resource tertinggi.

Ternyata ada proses dari una-updater yang memakan 99% CPU. Sampai disini saya sudah yakin bahwa hampir pasti penyebab overheat di laptop saya adalah proses tersebut. Una sendiri merupakan MPR Helper (seperti Yay pada Arch), yang membantu instalasi menggunakan makedeb. 

Oke, sekarang kita coba kill proses tersebut dan kita lihat apakah masalah overheat kita teratasi. Kita bisa gunakan perintah kill -9.

Setelah saya tunggu sekitar 15 menit, benar saja suhu laptop saya turun secara drastis.

Oke, sekarang masalah ini teratasi. Namun bagaimana cara mencegah hal ini terjadi lagi? Di case yang saya alami, culprit yang menyebabkan overheat adalah paket Una, sehingga untuk study casenya saya hanya akan berfokus pada paket tersebut. Jika di laptop kalian proses atau paket yang menyebabkan overheat berbeda, silahkan ikuti saja cara yang saya lakukan di artikel ini, dengan penyesuaian kalian sendiri tentunya.

Disable Autostart

Dari source code Una, kita mendapati bahwa program ini akan membuat proses una-updater yang berjalan saat user login ke sistem.


Kita bisa langsung matikan autostartnya dengan perintah

rm ~/.config/autostart/una-updater.desktop

Tambahan: Untuk memeriksa program atau aplikasi autostart yang dijalankan oleh desktop, kalian bisa cek direktori berikut:

  • ~/.config/autostart/
  • /etc/xdg/autostart/

Atau, karena saya sendiri menganggap program ini bermasalah (karena una-updaternya), saya memutuskan untuk menghapus program ini untuk sementara. Sambil melakukan research bagaimana mengatasi/melakukan patch ataupun mencari alternatif program lain.

Kesimpulan

Untuk membiasakan diri agar nyaman menggunakan linux, kita memang harus terbiasa memeriksa proses yang berjalan maupun log aplikasi. Banyak problem yang dapat diatasi dengan memeriksa log dan proses pada linux.

Oke sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Overheat pada Laptop Linux"