Mengubah Urutan Booting GRUB2 di GNU/Linux

Mengubah Urutan Booting GRUB2 di GNU/Linux. Bagi yang menjalankan GNU/Linux dan disandingkan dengan OS lain, bisa Windows, bisa distro Linux yang lain, tentu ada OS yang sering kalian pakai, ada juga yag jarang dipakai. Nah, kita bisa mengubah urutan boot di bootloader GRUB2 dan menjadikan OS yang sering dipakai agar diurutan teratas.


Di tutorial ini saya menggunakan OS Ubuntu Linux. Namun selama bootloadernya masih sama-sama menggunakan GRUB2 saya pikir tutorial ini bisa diterapkan di distro lain. Disini saya akan membagikan dua cara, dan kalian bebas memilih cara pertama maupun kedua.

Menggunakan Teriminal
Pertama adalah menggunakan terminal tanpa aplikasi pihak ketiga. Edit file konfigurasi grub. Disini saya menggunakan editor nano.
sudo nano /etc/default/grub
Lalu ubah GRUB_DEFAULT=0 menjadi GRUB_DEFAULT=saved
Setelah disimpan, lakukan update grub agar pengaturan diupdate.
sudo update-grub
Nah, setelah prosesnya selesai, sekarang kita ubah urutan bootnya. Di tutorial ini saya ingin menjadikan Windows sebagai default OS.
sudo grub-set-default NUMBER
Karena saya hanya memiliki dua OS di GRUB2, dan urutannya adalah

  • Ubuntu [0]
  • Advanced option Ubuntu [1]
  • Windows 10 [2]
  • System Setup [3]

Maka untuk menjadikan Windows 10 paling atas, dan urutannya sendiri adalah dimulai dari 0 maka perintahnya adalah
sudo grub-set-default 2
Selesai. Silahkan direboot untuk melihat perubahan. Seharusnya sekarang cursornya akan berada di urutan ketiga atau di tulisan Windows.

Menggunakan Grub Customizer
Ini khusus bagi pengguna Ubuntu, jika kalian merasa melakukan proses diatas terlalu ribet, maka kalian bisa gunakan Grub Customizer.
sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer
sudo apt-get update
sudo apt-get install grub-customizer
Lalu tinggal diubah saja urutannya dengan mengklik tanda panah.
Jika sudah, klik Save.
Selesai.

Sekarang kalian telah berhasil mengubah boot order di GRUB2. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

1 komentar untuk "Mengubah Urutan Booting GRUB2 di GNU/Linux"

Silahkan tinggalkan komentar jika ada masukan, pertanyaan, kritik ataupun dukungan. Namun pastikan untuk berkomentar secara sopan.