Cara Install dan Menggunakan Flatpak di Ubuntu Linux

Rabu, 03 Juli 2019

Cara Install dan Menggunakan Flatpak di Ubuntu Linux. Di Ubuntu sendiri selain kita bisa menggunakan apt untuk menginstall paket atau aplikasi dari repository, kita juga bisa menggunakan snap. Tapi, buat kamu yang belum tau tentang Flatpak, tidak ada salahnya juga dicoba.

Flatpak adalah format aplikasi untuk GNU/Linux yang awalnya dikembangkan oleh Red Hat untuk Fedora. Namun Flatpak sendiri sebenarnya adalah format yang bisa digunakan di semua distro, jadi berbeda dengan .deb yang hanya berjalan di Debian dan turunannya, atau .rpm di CentOS.


Beberapa pengguna akhir seperti saya kadang memilih untuk menginstall paket yang sudah "dibungkus", terutama paket yang tidak tersedia di repository.  Alasannya karena dependensi yang dibutuhkan oleh aplikasi yang sama bisa saja berbeda ketika ingin diinstall di sistem atau distro berbeda. Dan seperti Snap, Flatpak memberikan solusi itu. Itulah kenapa Flatpak cukup populer saat ini.

Instalasi Flatpak di Ubuntu
Kita bisa langsung install dengan perintah
sudo apt update && sudo apt install flatpak

Namun, versi yang tersedia di repository Ubuntu terlalu jadul. Jika kalian ingin menginstall versi terupdate, kalian bisa menggunakan PPA berikut
sudo add-apt-repository ppa:alexlarsson/flatpak
sudo apt update && sudo apt install flatpak

Opsional, kalian juga bisa menginstall flatpak plugins. Ini memungkinkan kalian menginstall aplikasi Flatpak tanpa menggunakan terimnal.
sudo apt install gnome-software-plugin-flatpak
Plugin ini digunakan untuk mengelola file berekstensi  .flatpakref, yang secara fungsi mirip dengan file .torrent.

Instalasi Flathub di Ubuntu
Flathub ini semacam "app store" nya Flatpak. Mirip dengan Snap Store juga. Jadi ada banyak pengembang yang memaketkan aplikasinya disana, memungkinakn pengguna akhir untuk memiliki banyak pilihan software di Flathub.

Untuk menambahkan repositori Flathub, gunakan perintah berikut
flatpak remote-add --if-not-exists flathub https://flathub.org/repo/flathub.flatpakrepo

Yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah merestart sistem Ubuntu kalian.

Install Aplikasi Melalui Flatpak
Setelah restart, kalian sekarang bisa menginstall aplikasi dengan Flatpak.

Melalui Situs Flathub
Pertama, kita ke situs Flathub terlebih dahulu. Lalu kita cari aplikasi yang ingin kita install. Ambil contoh disini saya ingin menginstall Spotify. Cari Spotify di kolom "search apps", maka di bawah akan ada petunjuk instalasinya.
flatpak install flathub com.spotify.Client
Atau, kalian bisa langsung klik tombol Install di web karena sebelumnya kita sudah menginstall plugin untuk mengelola file .flatpakref.
Lalu ikuti saja proses download dan installnya sampai selesai.

Melalui Ubuntu Software Center
Atau cara kedua, kalian bisa install aplikasi Flatpak melalui Ubuntu Software Center.
Aplikasi Flatpak ditandai dengan source: flathub.org.

Menjalankan Aplikasi Flatpak
Kalian bisa langsung mengklik icon aplikasi yang sudah terinstall lewat menu daftar aplikasi. Atau, opsi kedua adalah menggunakan terminal. Pertama, kita lihat terlebih dahulu daftar aplikasi yang diinstall dengan flatpak.
flatpak list
Lalu jalankan salahsatu aplikasi yang tersedia disana. Contoh
flatpak run com.github.wwmm.pulseeffects

Sekarang kalian sudah berhasil menginstall dan menggunakan Flatpak di Ubuntu Linux. Jika ini bermanfaat, silahkan share juga ke teman-temanmu, atau jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Artikel Terkait Ubuntu ,Utilities

Tidak ada komentar:

Posting Komentar