Disable Driver Nouveau saat Booting di Ubuntu dan Linux Mint

Senin, 07 Oktober 2019

Disable Driver Nouveau saat Booting di Ubuntu dan Linux Mint. Salahsatu "penyakit" Ubuntu dan turunannya yang sampai saat ini belum diperbaiki adalah ketidakcocokan sistem ini dengan GPU Nvidia masa kini. Ya, masalah ini sudah pernah saya sebut juga di tutorial instalasi Ubuntu 18.04 dimana saya mengalami hang saat proses instalasi melalui live USB.
Salahsatu cara mengatasinya adalah dengan menonaktifkan driver Nouveau saat booting, lalu menginstall driver Nvidia setelah berhasil masuk ke desktop. Trik ini masih sangat ampuh sampai saat ini.
Artikel terkait:


Namun, ternyata bagi beberapa pengguna, menambahkan parameter nomodeset di GRUB malah membuat sistem tidak berhasil booting. Nah, disini saya akan share satu lagi parameter yang bisa dicoba. Kita bisa langsung tambahkan parameter nouveau.modeset=0 kedalam konfigurasi booting di GRUB.

Pertama, booting ke sistem dan tekan ESC hingga grub muncul.
Pada menu Ubuntu (yang di highlight), tekan tombol e pada keyboard.

Pada baris linux, edit parameter quiet splash dan ganti dengan nouveau.modeset=0.
Sebenarnya parameter nouveau.modeset=0 ini kalian bebas mau ditambahkan di paling belakang atau dipakai untuk mengganti parameter quiet splash. Disini saya pakai untuk mengganti karena saya sekalian ingin menonaktifkan animasi loading Ubuntu untuk mengetahui proses mana yang error saat booting.

Terakhir, kalian tekan F10 untuk booting. Dan jika memang yang menjadi masalah adalah karena driver Nouveau yang tidak cocok dengan hardware, seharusnya sekarang sistem bisa booting dengan lancar.

Langkah selanjutnya adalah menginstall driver Nvidia ke sistem.


Oke mungkin itu saja tutorial kali ini, dan semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait Linux Mint ,Ubuntu