Cara Install Fish Shell di GNU/Linux

Cara Install Fish Shell di GNU/Linux. Fish atau Friendly Interactive Shell merupakan salahsatu shell opensource populer yang cukup banyak digunakan selain bash, zsh, maupun ksh. Beberapa fitur unggulan fish adalah auto-suggestions yang berbasis dari history, tab completion, dan syntax highlighting. Satu lagi yang tidak ada di shell lain adalah web based configuration.


Untuk auto completion atau syntax highlighting mungkin kalian sudah pernah melihatnya di zsh maupun bash. Namun untuk web based configuration, mungkin ini hal yang baru bagi kalian yang sebelumnya belum pernah menggunakan fish.
Jadi, kalian bisa mengkonfigurasi fish dengan web based interface dengan menjalankan command
fish_config


Instalasi
Tertarik? Berikut cara pemasangannya.

Debian dan Ubuntu
Untuk keluarga Debian dan turunannya kalian bisa install Fish menggunakan perintah
sudo apt update && sudo apt install fish
Di Gentoo kalian bisa gunakan command
emerge --ask fish
Di Arch dan turunannya kalian bisa gunakan perintah
pacman -S fish
Untuk menjadikan fish sebagai shell default, kalian bisa gunakan perintah
chsh -s /usr/bin/fish
Berbeda dengan bash atau zsh yang konfigurasinya tersimpan di .bashrc atau .zshrc, fish menyimpan konfigurasinya di file ~/.config/fish/config.fish

Oke mungkin sekian dulu tutorial singkat kali ini. Kita akan lanjutkan lagi lain waktu. Saya sendiri juga masih baru di shell ini jadi masih explore juga.

Untuk tutorial atau informasi lebih lanjut mengenai fish shell kalian bisa cek di website fish ataupun halaman github mereka.
https://fishshell.com/
https://github.com/fish-shell/fish-shell

Namun perlu diingat bahwa fish tidak mendukung POSIX. Jadi misalnya kalian memiliki command one liner untuk bash/zsh, kemungkinan command tersebut tidak akan bekerja di fish. Ada beberapa yang harus disesuaikan.