Cara Install ionCube Loader di Ubuntu

Minggu, 07 Maret 2021

Cara Install ionCube Loader di Ubuntu. Untuk menjalankan script PHP yang diproteksi menggunakan ionCube, kita perlu memasang ionCube Loader di server. Di banyak case, module ini biasanya dipakai untuk mengaktifkan theme WordPress yang diproteksi menggunakan ionCube. ionCube Loader pun harus dipasang sebagai modul PHP yang kalian pasang di server, agak script PHP tersebut berjalan.

Nah, di tutorial ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana cara memasang ionCube Loader di server Ubuntu. Kebetulan untuk pemrosesan PHPnya, saya menggunakan PHP-FPM.

Di tutorial ini saya menggunakan PHP versi 7.4. Untuk cara install PHP bisa cek tutorial saya yang membahas tentang cara install PHP di Ubuntu.

Install ionCube Loader

Pertama, kita download dulu ionCube Loader disini.

wget https://downloads.ioncube.com/loader_downloads/ioncube_loaders_lin_x86-64.zip

unzip ioncube_loaders_lin_x86-64.zip

Setelah diekstrak maka akan muncul direktori baru bernama ioncube yang berisi file modul ionCube Loader. Selanjutnya cek lokasi dimana modul PHP berada.

php -i | grep ^extension_dir

Contoh output:

extension_dir => /usr/lib/php/20190902 => /usr/lib/php/20190902

Tinggal copy modul ionCube Loader-nya ke direktori tersebut. Karena saya menggunakan PHP 7.4, kita copy modul ionCube Loader untuk versi tersebut.

sudo cp ioncube/ioncube_loader_lin_7.4.so /usr/lib/php/20190902

Modulnya sudah terpasang, namun itu belum selesai. Untuk memanggil modul tersebut, edit file php.ini. Di PHP-FPM 7.x lokasinya di direktori /etc/php/7.x/fpm.

sudo nano /etc/php/7.4/fpm/php.ini

Lalu masukkan baris kode berikut di paling bawah.

zend_extension = "/usr/lib/php/20190902/ioncube_loader_lin_7.4.so"

Restart PHP FPM dengan perintah

sudo service php7.4-fpm restart

Selesai. Untuk memverifikasi apakah modul ionCube Loader sudah terpasang, kalian bisa cek menggunakan script phpinfo.

Oke mungkin sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

Artikel Terkait PHP ,PHP-FPM ,Ubuntu