Install WPS Office Pengganti Microsoft Office di GNU/Linux

Sabtu, 26 Juni 2021

Cara Install WPS Office di Linux. Jika kalian adalah seorang pekerja kantoran atau apapun yang membutuhkan pengolah dokumen dan sedang menggunakan Linux sebagai OS harian, maka kalian juga harus mencari alternatif dari Microsoft Office, kecuali kalian menggunakan versi online dari Office 365.

Nah, salahsatu alternatif Microsoft Office di Linux yang banyak digunakan adalah WPS Office. Pengolah dokumen gratis ini kompatibel dengan dokumen Microsoft Office, dari segi tampilan juga tidak jauh berbeda dari Microsoft Office sehingga pengguna Microsoft Office seharusnya merasa familiar ketika menggunakan WPS Office.

WPS Office adalah sebuah paket aplikasi perkantoran untuk Microsoft Windows, Linux, iOS, dan Android OS, yang dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak dari Tiongkok yang berbasis di Zhuhai, yaitu Kingsoft.

Cara Install WPS Office

Oke untuk mengunduh WPS Office pertama kalian menuju halaman https://linux.wps.com terlebih dahulu. Selanjutnya download installer yang sesuai dengan sistem operasi yang kalian gunakan. Pengguna Debian, Ubuntu, dan turunannya bisa pilih installer deb.

Setelah diunduh tinggal kita install menggunakan installer tadi. Jika kalian menggunakan installer .deb tinggal gunakan perintah dpkg. Contoh:

sudo dpkg -i wps-office_11.1.0.10161.XA_amd64.deb

Selanjutnya buka WPS Office dari menu aplikasi. Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini kalian harus menerima EULA yang diberikan.

Dan selanjutnya kalian sudah bisa menggunakan WPS Office.


Selesai.

Oke mungkin sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.


Artikel Terkait Linux ,Utilities