Windows Hosting vs Linux Hosting, Mana yang Paling Bagus?

Selasa, 07 September 2021

Tips Memilih Windows Hosting dan Linux Hosting. Pemilihan hosting sangat penting sebagai cara upload website kita ke internet agar bisa diakses oleh banyak orang. Namun terkadang, banyak orang yang masih bingung memilih antara Windows Hosting dengan Linux Hosting.

Bingung memilih antara Windows Hosting atau Linux Hosting?  Jangan khawatir, karena di sini kami akan membantu Anda agar bisa mengambil keputusan yang tepat saat memilihnya. jadi, simak artikel ini hingga selesai.



Mengenal Windows Hosting dan Linux Hosting

Dua sistem operasi, Windows Hosting dan Linux Hosting umum digunakan sebagai server web host untuk unggah website. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Sebelum memilih salah satu dari dua sistem operasi tersebut, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan. Artinya Anda harus memilih salah satu yang benar-benar Anda butuhkan atau sesuai dengan spesifikasi website yang Anda inginkan.

Paket hosting berbasis Linux umumnya lebih murah dibandingkan sistem operasi Windows hosting. Alasannya karena Linux merupakan perangkat open source gratis. Sementara itu, sistem operasi Windows merupakan perangkat lunak berbayar dari Microsoft.

Dari segi harga, Linux menjadi pilihan favorit yang banyak dipilih oleh web host. Selain biayanya yang murah, Linux juga mudah digunakan.

Namun meski begitu, sistem operasi Windows hosting juga punya kelebihan. Salah satu kelebihannya yaitu dukungan aplikasi yang tergolong lengkap yang hanya bisa digunakan di platform Windows saja.

Pertimbangan Saat Memilih Sistem Operasi Hosting

Sebelum menjatuhkan pilihan hosting untuk unggah website, maka pertimbangkanlah beberapa aspek yang akan kami bagikan  di sini. Tujuannya agar Anda tidak salah memilih. Berikut pertimbangannya:

1.Pertimbangan Software

Pertama-tama, pertimbangkanlah jenis software yang akan Anda gunakan untuk web yang akan dibuat. Jika Anda akan menggunakan aplikasi seperti Access, VBScript, ASP, Net, FrontPage, Microsoft AQL, dan sejenisnya, maka gunakanlah platform Windows.

Begitu juga sebaliknya. Jika Anda berencana menggunakan aplikasi database MySQL, PHP, dan sejenisnya, maka gunakanlah Linux. Namun, bukan berarti Windows tidak bisa menangani aplikasi ini, hanya saja agar aplikasi dan sistem operasi lebih ideal.

Jika Anda memilih sebuah halaman statis seperti CSS dan HTML, maka Anda bisa bebas memilih sistem operasi apa saja. Pasalnya halaman statis dengan coding tersebut cocok untuk kedua sistem operasi Windows maupun Linux.

2.Pertimbangan Harga

Di atas kami sudah menginformasi harga antara Windows Hosting dan Linux Hosting. Sesuai yang sudah kami jelaskan, Linux Hosting lebih murah dibandingkan dengan sistem operasi Windows.

Jika Anda ingin yang murah, maka Linux Hosting bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Karena jika menggunakan Windows, maka akan ada biaya lisensi untuk penggunaannya.

Penyedia layanan web host harus membayar biaya lisensi Windows. Itulah yang menjadi alasan kenapa sistem operasi ini lebih mahal. Sedangkan Linux merupakan sistem operasi berbasis open source yang bisa digunakan secara bebas.

3.Pertimbangan Keamanan dan Kualitas

Harga tidak boleh menjadi acuan utama dalam memilih sistem operasi hosting. Saat Anda berencana untuk unggah website, pastikan juga hosting yang Anda pilih terjamin keamanan dan kualitasnya.

Meskipun masuk ke dalam produk open source termurah, Linux ternyata merupakan sistem operasi hosting yang tergolong andal. Pasalnya, kode sumber pada Linux bisa disesuaikan oleh programmer.

Di lain sisi, Windows juga tidak kalah bagus soal kualitas. Pasalnya, jika dibandingkan Linux, sistem operasi Windows hosting memiliki performa yang optimal dibandingkan Linux. Selain itu, Linux juga kerap mengalami downtime dibandingkan Windows.

Perbedaan Web Hosting Windows dan Linux

Selain dari segi harga, masing-masing sistem operasi hosting ini punya beberapa perbedaan. Agar Anda bisa memilih sistem operasi yang tepat, berikut kami juga sudah merangkum apa saja perbedaan dari kedua sistem operasi tersebut.

1.Perbedaan pada Sistem Operasi

Perbedaan pertama dari hosting Windows dan hosting Linux ini tentu saja pada sistem operasinya. Hosting Windows umumnya menggunakan Windows Server 2008 dan Windows Server 2012. Meski begitu, masih ada juga yang menggunakan Windows Server 2003.

Sedangkan web hosting Linux yaitu sebuah server hosting yang menggunakan sistem operasi Linux. Ada beberapa sistem yang bisa digunakan, yaitu seperti Ubuntu, Debian, Redhat, dan CentOs.

Kesimpulannya, berbeda sistem operasi yang digunakan, tentu akan berbeda juga pengaturannya.

2.Dukungan Bahasa  dan Pengembangan Website

Perbedaan selanjutnya pada dua hosting tersebut yaitu terletak pada dukungan pengembangan dan bahasanya.

Sistem operasi Windows saat ini sudah mampu mendukung situs web yang dikembangkan oleh ASP. Sementara itu, web hosting Linux mendukung situs web yang dikembangkan oleh PHP.

Kesimpulannya, jika Anda ingin menggunakan ASP, maka gunakanlah Windows. Namun jika Anda ingin CMS seperti Wordpress, DZ, PHPVMS, dan Empire, maka gunakanlah Linux.

3.Stabilitas Hosting

Untuk stabilitas hosting, Linux masih yang terbaik. Karena sifatnya open source, maka hosting ini pun tergolong bagus dalam hal stabilitas.  Artinya, untuk hal stabilitas maka Linux menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda.

Selain itu, karena Linux bersifat open source, maka tidak rentan terhadap virus maupun hacker yang mengancam.

Pilih Windows Hosting atau Linux Hosting?

Tibalah kita pada inti pembahasan, yaitu pilih Windows Hosting atau Linux Hosting?  Sebagai informasi, di dunia web hosting, Linux adalah sistem operasi yang paling disukai sebagai web server.

Linux adalah sistem operasi yang andal, stabil, dan juga efisien. Selain itu, Linux hosting juga mendukung PHP, Perl, scripting CGI, dan Python yang umum digunakan dalam membangun sebuah website.

Di lain sisi, Linux juga merupakan pilihan ideal untuk yang ingin menggunakan platform open source seperti CMS untuk forum online maupun blog.

Akan tetapi, bukan berarti sistem operasi Windows hosting jelek. Sistem operasi Windows bisa Anda gunakan untuk membuat website dinamis yang umumnya menggunakan ASP maupun ASP.NET.

Selain itu, banyak orang yang memilih Linux hosting karena banyak aplikasi yang gratis. Dibandingkan dengan Windows yang aplikasinya kebanyakan berbayar, justru Linux menyediakan banyak aplikasi pendukung yang gratis dan powerful.

Namun, Windows memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh Linux. Kelebihannya tersebut yaitu kemudahan dari struktur manajemen desain yang mendukung fitur drag and drop. Artinya, proses desainnya jauh lebih mudah dibandingkan Linux.

Sementara untuk segi kecepatan, baik Windows maupun Linux keduanya tergolong sama. Nyaris tidak ada perbedaan antara kecepatan Linux dengan Windows.

Nah, dari penjelasan di atas kini Anda bisa mempertimbangkan mana yang ingin Anda gunakan. Silahkan pertimbangkan matang-matang agar website yang Anda buat sesuai ekspektasi dan kebutuhan.

Kesimpulan

Menentukan sistem operasi hosting sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum membuat website. Alangkah baiknya Anda pelajari kelebihan dan kekurangan Windows hosting dan Linux hosting agar bisa memilih mana yang terbaik sesuai kebutuhan website Anda.

Bagi Anda yang sudah tahu cara upload website, pastikan Anda aplikasikan tips di atas sebelum memilih sistem operasi hosting. Tujuannya agar sistem operasinya sesuai dengan jenis website yang akan Anda buat. Selamat mencoba.

Artikel Terkait Hosting