Apa itu Slug Untuk Website?

Selasa, 30 November 2021

Dengan adanya link atau tautan khusus akan memudahkan banyak orang mencari sebuah website atau konten tertentu. Tetapi sayangnya, tautan yang panjang atau tidak dioptimalkan dapat membuat orang-orang malas untuk mengkliknya. Jadi, agar lebih optimal dan bisa mendatangkan banyak trafik, sebaiknya menggunakan slug URL. Lalu, apa itu slug untuk website?

Apa itu slug untuk website?

Slug merupakan bagian dari sebuah URL (Uniform Resource Locator) atau permalink pada situs website. Nantinya, URL tersebut yang akan merujuk pada sebuah konten spesifik di dalam situs tersebut. Slug ini sendiri berada di akhir URL. 

Menjaga agar slug tetap ringkas dan deskriptif secara spesifik ternyata dapat bermanfaat dalam banyak hal. Perlu kamu ketahui bahwa slug yang dioptimalkan memiliki beberapa kegunaan, seperti: 

  • Slug yang optimal dapat meningkatkan peringkat website di Search Engine Results Pages (SERPs).
  • Memudahkan pengguna internet untuk menuju konten tertentu pada sebuah situs website.
  • Dapat menarik audiens karena tautan cukup singkat dan jelas.

Jadi, slug ini adalah salah satu bagian terpenting dari tautan atau link khusus yang dapat merujuk ke sebuah konten di situs website tertentu. Itulah mengapa sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara menggunakan slug secara efektif.

Sebagai salah satu contohnya, apabila kamu ingin mencari artikel tentang membuat aplikasi android di website tertentu, bisa langsung gunakan tautan atau URL slug. Dengan begitu, pencarian akan lebih mudah. 

Apakah slug website penting untuk mendapatkan peringkat di mesin pencarian?

Ya betul, penggunaan slug yang optimal sangat penting agar website milikmu bisa mendapatkan peringkat di mesin pencarian. 

Cara agar mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian yaitu dengan menggunakan kata kunci SEO di slug URL tersebut. 

Google juga menggunakan URL sebagai faktor dalam menentukan peringkat halaman. Jadi jika slug URL menyertakan kata kunci yang tepat, maka kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan peringkat di halaman pencarian Google. 

Mengapa penggunaan slug yang optimal penting untuk SEO?

Penggunaan slug yang optimal dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Jadi, jika kamu membuat slug URL dengan jelas seperti menuliskan kata kunci atau keterangan singkat tentang isi konten atau halaman web tersebut tentu akan sangat berpengaruh. 

Mungkin sebagian dari kamu ada yang pernah melihat URL laman web dengan rangkaian karakter, huruf, atau angka. 

Tetapi perlu diperhatikan bahwa slug dengan bentuk seperti itu dapat membingungkan pengguna, dan membuat mereka jadi ragu sebelum mengkliknya. Pasalnya, slug semacam itu tidak menunjukkan kredibilitas yang baik atau sulit dipercaya.

Slug URL yang baik juga mampu membantu bot perayapan Google memahami cara membuka halaman milikmu dan mengkonfirmasi konten di dalamnya.

Perbedaan slug URL dan URL

Setelah pembahasan sebelumnya terkait dengan slug dan URL yang masih saling berkaitan, berikut ini perbedaan dari keduanya. 

Slug URL adalah bagian terakhir dari URL lengkap. Sedangkan, untuk URL itu sendiri adalah seluruh alamat web agar orang-orang bisa merujuk ke suatu halaman tertentu pada situs website. 

Tips membuat slug yang ramah SEO

1. Slug harus singkat dan jelas
Umumnya, slug URL secara default akan mengikuti judul artikel yang panjang. Namun, agar lebih ramah SEO, pastikan bahwa slug menggunakan kalimat yang singkat namun jelas.

2. Sisipkan kata kunci SEO
Apabila kamu tidak menggunakan kata kunci pada slug, hal itu menjadi sebuah kesalahan besar. 

Alasannya, karena mesin pencarian seperti Google umumnya memberikan rekomendasi kepada penggunanya berdasarkan kata kunci yang ditulis. 

Jadi, tanpa adanya kata kunci pada slug akan membuat kamu kehilangan banyak pengunjung website atau berisiko menurunkan trafik. 

3. Upayakan untuk tidak menggunakan angka tahun
Sebagian orang mungkin ada yang menggunakan slug dengan angka tahun sesuai pada judul artikel. Padahal, tanpa adanya penggunaan angka tahun, artikel bisa mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. 

4. Berhati-hati saat mengganti slug yang sudah lama 
Mengganti slug memang mudah, tetapi kamu harus berhati-hati ketika melakukan hal tersebut  pada artikel yang sudah dipublikasikan. 

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa penggantian slug akan menghasilkan alamat URL yang berbeda. Itu artinya, artikel dengan slug yang sudah diganti, dapat mengalami error atau gangguan saat dikunjungi dengan alamat URL sebelumnya.

Itulah pengertian slug dan manfaat mengoptimalkannya untuk website. Penggunaan slug untuk website memang menjadi salah satu faktor penting agar konten atau situs tertentu bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian seperti Google. 

Artikel Terkait Website