Haruskah Semua Programmer Menggunakan VPN?

Programmer atau lebih populer disebut sebagai developer adalah sebuah profesi yang saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan berbasis teknologi. Industri pemrograman menawarkan kepada para programmer berbagai macam jenis pekerjaan yang memiliki prospek yang menjanjikan. 

Dengan kemampuan coding yang baik, tentu saja mudah bagi Anda untuk berkarir menjadi seorang Programmer di industri ini dengan mengisi berbagai posisi yang ditawarkan.

Jenis pekerjaan sebagai Programmer tersebut antara lain adalah, sebagai Software Engineer, Mobile Developer, Front End Developer, Back End Developer, dan banyak lagi. 

Walaupun begitu, profesi sebagai programmer memiliki tanggung jawab yang besar terutama dalam hal keamanan. Ini karena, klien atau perusahaan dalam industri ini memiliki standard keamanan yang tinggi khususnya dalam hal keamanan siber.

Programmer yang bekerja dengan mereka diwajibkan untuk menyediakan sistem keamanan yang mencakup semua prosedur serta perlunya mempunyai sistem pencegahan untuk mengantisipasi ancaman dan serangan siber yang bisa menyebabkan kerugian pada perusahaan atau klien.

Oleh karena itu, langkah dasar yang harus Anda lakukan sebagai seorang programmer adalah dengan memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan cara melindungi perangkat Anda dari serangan siber.

Salah satu langkah pencegahannya adalah dengan menggunakan koneksi yang aman antara perangkat Anda dan internet. 

Menurut laporan yang dikeluarkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada tahun 2022, tercatat sebanyak 1,6 miliar anomali trafik yang masuk ke Indonesia, dengan mayoritas dari trafik tersebut merupakan aktivitas serangan siber.

Beberapa serangan siber tersebut diantaranya adalah infeksi malware MyloBot, aktivitas Trojan, dan pengumpulan informasi untuk mencari celah keamanan. 

Tentu saja, hal ini bisa memberi dampak kepada seorang programmer seperti Anda, karena besar kemungkinan Anda merupakan salah satu dari target peretasan dan serangan siber tersebut

Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet terbesar di dunia, tetapi sayangnya ia tidak diimbangi dengan sistem keamanan siber yang baik. 

Berdasarkan laporan dari National Cyber Security Index (NCSI) per Juni 2022 ini, Skor Indeks keamanan siber di Indonesia hanya 38,96 dari 100 negara dan berada di peringkat 83 secara global. 

Dengan hasil tersebut, ia menempatkan sistem keamanan siber di Indonesia adalah sebagai salah satu yang terendah. 

Penilaian peringkat keamanan siber ini dikeluarkan berdasarkan beberapa aspek, mulai dari aturan hukum negara dalam hal keamanan siber hingga kerjasama pemerintah dan lembaga terkait.

Selain itu, dukungan pemerintah dan lembaga terkait dalam upaya peningkatan keamanan siber di dalam negeri juga menjadi aspek penilaian indeks keamanan siber ini.

Melihat data dan fakta tersebut, jelaslah bahwa programmer adalah sebuah pekerjaan yang beresiko yang rentan terhadap serangan siber. Oleh sebab itu faktor keamanan adalah aspek terpenting yang wajib menjadi perhatian utama seorang programmer. 

Penggunaan VPN Dalam Industri Pemrograman



Jaringan Pribadi Maya atau biasa disebut VPN adalah sebuah layanan yang memungkinkan terciptanya sebuah koneksi yang aman saat sebuah perangkat terhubung ke internet. 

VPN bekerja dengan cara merutekan koneksi perangkat Anda melalui server pihak ketiga dan bukan lagi melalui penyedia layanan internet (ISP) Anda. 

Dengan kata lain, bahwa ketika data Anda ditransmisikan melalui internet, semuanya berasal dari VPN. 

Tidak hanya itu saja, semua lalu lintas data yang Anda lakukan ketika melakukan aktivitas pemrograman akan melalui sebuah terowongan maya terenkripsi, sehingga menciptakan anonimitas buat penggunanya. 

Dengan menjadi anonim, tentu saja Anda akan lebih aman di internet, karena alamat IP dan lokasi asli Anda akan disembunyikan. 

Saat ini, VPN telah digunakan secara menyeluruh oleh hampir semua kalangan dengan berbagai macam profesi serta dapat digunakan pada berbagai macam perangkat yang berbeda, baik pada perangkat komputer, smartphone, smart TV, hingga konsol permainan. 

VPN juga sesuai untuk Anda yang peduli dengan masalah privasi dan keamanan siber. Hal itu karena, VPN mampu menciptakan rasa aman dan dapat diandalkan dalam melindungi setiap ancaman dan gangguan keamanan siber. 

Untuk itu, apabila Anda merupakan seorang programmer, tentu saja Anda membutuhkan VPN untuk melindungi perangkat Anda. Dengan menggunakan VPN, data klien dan hak kekayaan intelektual klien Anda dapat terlindungi dengan maksimal.

Selain itu, VPN juga bisa anda manfaatkan untuk meneliti produk atau aplikasi pesaing Anda secara diam-diam atau ketika Anda ingin menguji dan membandingkan dengan situs web dan aplikasi dari luar negeri untuk lebih memaksimalkan aplikasi yang anda buat.

VPN merupakan sebuah rangkaian infrastruktur keamanan yang bisa didapatkan dengan cara membangun jaringan VPN sendiri ataupun membeli layanan VPN yang disediakan oleh penyedia VPN. 

Membangun jaringan VPN sendiri, berarti anda harus siap dengan segala resiko keamanan dan bertanggung jawab sepenuhnya atas data Anda dan klien Anda terhadap segala gangguan dan ancaman keamanan siber seperti, serangan virus, peretasan, pencurian data, dan lainnya. 

Tetapi harus Anda ingat, bahwa membangun jaringan VPN sendiri merupakan sebuah pekerjaan yang tidak mudah dan rumit, ini karena server dan infrastruktur yang Anda bangun belum tentu sesuai dengan perangkat yang Anda miliki.

Tentu saja hal ini hanya akan menjadi sia-sia belaka dan akhirnya, Anda hanya akan membuang waktu dan biaya Anda tanpa hasil yang Anda harapkan.

Akan tetapi jika Anda memilih untuk membeli VPN dari penyedia layanan VPN, tentu Anda tidak perlu mengalami segala kerumitan tersebut, ini karena penyedia layanan VPN terbaik mampu memberikan solusi keamanan data yang Anda butuhkan dengan mudah dan cepat.

Selain itu, diluar sana ada banyak penyedia layanan VPN yang memberikan tawaran layanan gratis untuk pelanggan.

Akan tetapi, layanan VPN gratis mungkin tidak bisa melindungi perangkat Anda dengan maksimal, karena layanan VPN gratis rentan terhadap resiko kebocoran dan pencurian data dibandingkan dengan layanan VPN berbayar.

Hal ini karena fitur-fitur keamanan yang dimiliki oleh VPN gratis sangat terbatas, berbeda dengan fitur-fitur keamanan yang dimiliki oleh layanan VPN berbayar. Berikut adalah beberapa fitur keamanan di VPN berbayar yang tidak dapat anda temukan di layanan VPN gratis, seperti.
  • Fitur Tanpa Log
  • Fitur Kill Switch, dan banyak lagi.
Tanpa Log adalah fitur yang senantiasa membuat Anda tetap anonim, hal ini dikarenakan semua aktivitas Anda tidak akan pernah dicatat ketika Anda terkoneksi dengan VPN.

Sedangkan Kill Switch adalah fitur yang berfungsi untuk memutus koneksi internet Anda secara otomatis ketika Anda tidak lagi terhubung ke VPN. 

Tetapi juga perlu Anda ingat, bahwa tidak semua penyedia layanan VPN sesuai dengan karakter seorang programmer. Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika akan memilih penyedia layanan VPN untuk melindungi perangkat Anda dengan maksimal. 

Dibawah ini, kami memberikan beberapa tips untuk memilih penyedia layanan VPN yang baik sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.
  • Pilihlah penyedia layanan VPN yang memiliki jaringan server yang luas.
  • Perhatikan aspek kecepatan, keamanan, privasi, bandwidth, dan kompatibilitas pada perangkat Anda
  • Pilihlah penyedia layanan VPN yang memberikan uji coba gratis serta jaminan uang kembali.
  • Maksimalkan uji coba gratis untuk menguji tingkat keamanan yang ditawarkan.

Kesimpulan

VPN telah menjadi solusi nyata dalam mengantisipasi masalah keamanan siber yang banyak dihadapi oleh seorang programmer. 

VPN terbukti mampu melindungi data pelanggan, mencegah kebocoran, serta meningkatkan privasi dalam jaringan secara menyeluruh. 

Tidak hanya itu saja, VPN juga mampu menciptakan lingkungan dalam ruang pemrograman yang aman dan selamat yang secara tidak langsung membangun reputasi yang baik buat seorang programmer.

Selain itu, perlindungan keamanan yang dimiliki VPN mampu menyelamatkan Anda dari tuntutan klien, karena tidak akan terjadi lagi kebocoran atau pencurian data.

Posting Komentar untuk "Haruskah Semua Programmer Menggunakan VPN?"