Cara Install Stable Diffusion di GNU/Linux

Stable Diffusion adalah sebuah aplikasi yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menghasilkan karya seni berkualitas tinggi dari gambar input. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2022 oleh Runway, CompVis, dan Stability AI. Aplikasi ini tersedia di semua sistem operasi, termasuk Linux. 

Meskipun pada awal perilisannya Stable Diffusion kurang optimal berjalan di Linux, namun untuk update terbarunya aplikasi ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan, membuatnya dapat berjalan di Linux dengan lebih optimal.

Pada tutorial kali ini saya akan membagikan sedikit catatan mengenai bagaimana cara menginstall Stable Diffusion di Linux, menggunakan Stable Diffusion Web UI dari AUTOMATIC1111.

Sebagai gambaran, berikut spesifikasi dan sistem operasi yang saya gunakan:

  • OS: Kali GNU/Linux Rolling x86_64
  • GPU: NVIDIA GeForce RTX 2060 Mobile
  • RAM: 24 GB DDR4

Yup, saya menggunakan sistem operasi yang masih keluarga Debian. Untuk spek sepertinya memang yang terbaik untuk menjalankan Stable Diffusion, namun masih sangat cukup untuk melakukan generate image menggunakan aplikasi tersebut.

Oke langsung saja ke tutorialnya ya.

Install Miniconda

Ini sebenarnya adalah langkah opsional. Kalian bisa menggunakan virtual environment Python, Anaconda, dll. Namun disini saya prefer menggunakan Miniconda.

Miniconda adalah versi ringan dari Anaconda, yang merupakan distribusi bahasa pemrograman Python dan R untuk komputasi ilmiah. Ini dilengkapi dengan package manager bernama conda yang memungkinkan Anda menginstal, memperbarui, dan mengelola paket di environment Anda. Salah satu keuntungan utama dari conda adalah bahwa ia dapat menginstal paket yang tidak tersedia di PyPI (Python Package Index) dan juga dapat mengelola paket non-Python. Selain itu, conda dapat membuat environment untuk bahasa pemrograman lain seperti R, C++, dan Java.

mkdir -p ~/miniconda3 

wget https://repo.anaconda.com/miniconda/Miniconda3-latest-Linux-x86_64.sh -O ~/miniconda3/miniconda.sh 

bash ~/miniconda3/miniconda.sh -b -u -p ~/miniconda3 

rm -rf ~/miniconda3/miniconda.sh

Selanjutnya aktifkan conda dengan perintah berikut:

~/miniconda3/bin/conda init bash 

~/miniconda3/bin/conda init zsh

Install Stable Diffusion Web UI

Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi Web UI dari AUTOMATIC1111.
git clone https://github.com/AUTOMATIC1111/stable-diffusion-webui.git 
Untuk dapat melakukan generate image menggunakan Stable Diffusion, diperlukan models. Untuk models sendiri kalian bisa cari yang kalian inginkan di web Hugging Face. Namun sebagai Checkpoint awal kita akan menggunakan model Stable Diffusion v1.5.
cd stable-diffusion-webui/models/Stable-diffusion/ 
wget https://huggingface.co/runwayml/stable-diffusion-v1-5/resolve/main/v1-5-pruned-emaonly.ckpt

Install Dependencies

Ada beberapa dependensi yang perlu diinstall untuk menjalankan Stable Diffusion. Dan alasan kenapa kita harus mempersiapkan virtual environment Python di awal tadi agar paket ataupun dependensi yang terinstall tidak "merusak" package python yang terinstall di system.
conda create -n miku-sdwebui python=3.10 -y 
conda activate miku-sdwebui 
export TMPDIR='/var/tmp' 
pip install -r requirements_versions.txt --verbose --use-pep517
miku-sdwebui adalah nama env yang saya buat. Kalian bisa ubah sesuai keinginan.

Setelah proses instalasi dependensi diatas selesai, ada beberapa dependensi lagi yang perlu diinstall karena tidak ikut berada dalam requirements padahal sebenarnya dibutuhkan.
conda install pytorch=2.0.1 torchvision=0.15.2 torchaudio=2.0.2 chardet pytorch-cuda=11.8 -c pytorch -c nvidia -y
Pada direktori stable-diffusion-webui akan diinstall beberapa dependensi tambahan ketika aplikasi ini pertama kali dijalankan. Agar tidak muncul warning error, tambahkan direktori tersebut ke safe directory git.
cd ~/stable-diffusion-webui 
git config --global --add safe.directory '*'
Selanjutnya adalah menginstall package tweak xformers, untuk percepatan image generation.
conda install -c xformers xformers

Menjalankan Web UI

Setelah semua paket diatas terpasang, selanjutnya kita dapat menjalankan Web UI menggunakan perintah
accelerate launch --mixed_precision=fp16 --num_cpu_threads_per_process=6 launch.py --xformers --enable-insecure-extension-access

Selanjutnya tinggal buka url nya lewat browser. Lalu masukan prompt dan negative prompt nya.

Jika kalian menginstall Stable Diffusion ini di PC ataupun Laptop, dan kalian merestart device kalian, pastikan untuk mengaktifkan env nya terlebih dahulu sebelum menjalankan accelerate.
conda activate miku-sdwebui 
accelerate launch --mixed_precision=fp16 --num_cpu_threads_per_process=6 launch.py --xformers --enable-insecure-extension-access
Oke, mungkin itu saja untuk sharing kali ini. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau ada yang ingin ditambahkan.

Posting Komentar untuk "Cara Install Stable Diffusion di GNU/Linux"