Daftar Lisensi Open Source Populer Yang Harus Diketahui

Senin, 12 Juni 2017

Bicara Open Source tentu kita juga harus mengenal lisensi lisensi yang menaunginya. Tentu semua tau bahwa hampir semua software dan distribusi linux merupakan sistem dan aplikasi yang bersifat open source dan free software. Sebagian orang mungkin mengartikan free disini sebagai gratis, dan ya, itu benar. Namun lebih dari itu free disini mengandung kata kebebasan.

Sebelumnya, apa sih gunanya lisensi ?

Lisensi secara umum dapat diartikan memberi izin. Nah, Pemberian lisensi akan terjadi jika ada pihak yang memberi lisensi (pembuat software) dengan pihak yang menerima lisensi (pengguna / pemakai software) sehingga lisensi merupakan salah satu bentuk perjanjian tertulis. Jadi sekalipun suatu program itu open source dan dapat digunakan secara gratis, tetap ada aturan-aturan tertentu dalam memodifikasi dan mendistribusikan ulang. Dan tentu saja kita harus tau macam macam lisensi sehingga tidak salah dalam memberi lisensi pada software yang kita sebarluaskan.

Terkait lisensi open source, tidak semua perangkat lunak open source dapat digunakan dengan bebas dan mutlak. Meskipun kode sumbernya terbuka dan memungkinkan untuk dimodifikasi, tetap ada batasan-batasan yang ditentukan oleh si pemilik/pembuat sesuai dengan lisensi yang digunakan. Pada dasarnya di dalam lisensi diatur apa saja yang boleh dilakukan, yang tidak boleh dilakukan dan yang harus dilakukan oleh pengguna pada perangkat lunak. 

Oke berikut beberapa lisensi populer yang sering digunakan.

GNU General Public License / GPL


Isi GNU GPL v3.0 :
<one line to give the program's name and a brief idea of what it does.>
    Copyright (C) <year>  <name of author>

    This program is free software: you can redistribute it and/or modify
    it under the terms of the GNU General Public License as published by
    the Free Software Foundation, either version 3 of the License, or
    (at your option) any later version.

    This program is distributed in the hope that it will be useful,
    but WITHOUT ANY WARRANTY; without even the implied warranty of
    MERCHANTABILITY or FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE.  See the
    GNU General Public License for more details.

    You should have received a copy of the GNU General Public License
    along with this program.  If not, see <http://www.gnu.org/licenses/>.

Lisensi ini ditulis oleh Richard Stallman sebagai pendiri dari yayasan Free Software.Misalnya,lisensi ini ditulis dengan tujuan untuk membuat lisensi proyek GNU nya pada tahun 1984.Proyek GNU ini merupakan proyek untuk membuat system operasi yang serupa dengan UNIX,namun basisnya adalah perangkat bebas.Itulah sebabnya diilih nama GNU atau kepanjangan dari GNU’s not UNIX (GNU bukanlah UNIX).Pada waktu itu,tiap – tiap paket GNU memiliki lisensinya sendiri,namun pada tahun 1989,yayasan Free Software menerbitkan lisensi tuggal yag dapat dipergunakan oleh proyek – proyek non-GNU,yaitu GNU general public license.versi terakhir GPL ini adalah versi 3.

Lisensi ini adalah lisensi yang paling banyak digunakan pada perangkat lunak bebas guna. Pada lisensi GPL v3.0, perangkat lunak turunan atau yang didistribusikan mesti menggunakan jenis lisensi yang sama (yakni GPL). Pengguna boleh menggunakan perangkat lunak berlisensi ini untuk tujuan komersil, pengguna boleh mendistribusikan ulang, memodifikasi, menggunakan paten, dan penggunaan secara pribadi tanpa ada kewajiban untuk mendistribusikan ulang. Pengguna harus menyertakan kode sumber dari library yang dimodifikasinya (bukan kode sumber dari keseluruhan program), menyertakan lisensi, menyertakan hak cipta asli si pembuat, serta menyertakan perubahan apa saja yang dilakukan (apabila dimodifikasi). Pengguna tidak punya hak untuk menuntut si pembuat ketika terjadi kerusakan pada perangkat lunak tersebut.

Pada lisensi GPL v2.0, sama seperti GPL v3.0 kecuali pengguna tidak berhak mengklaim paten dari si pembuat kode. Ada pula lisensi Affero General Public License / AGPL v3.0, yakni lisensi yang sama seperti GPL v3.0 yang khusus dibuat untuk membolehkan pengguna menggunakan perangkat lunak yang didistribusikan melalui jaringan seperti website dan layanan online.

Lisensi MIT / Massachusetts Institute of Technology

Isi dari MIT License :
Copyright <YEAR> <COPYRIGHT HOLDER>

Permission is hereby granted, free of charge, to any person obtaining a copy of this software and associated documentation files (the "Software"), to deal in the Software without restriction, including without limitation the rights to use, copy, modify, merge, publish, distribute, sublicense, and/or sell copies of the Software, and to permit persons to whom the Software is furnished to do so, subject to the following conditions:

The above copyright notice and this permission notice shall be included in all copies or substantial portions of the Software.

THE SOFTWARE IS PROVIDED "AS IS", WITHOUT WARRANTY OF ANY KIND, EXPRESS OR IMPLIED, INCLUDING BUT NOT LIMITED TO THE WARRANTIES OF MERCHANTABILITY, FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE AND NONINFRINGEMENT. IN NO EVENT SHALL THE AUTHORS OR COPYRIGHT HOLDERS BE LIABLE FOR ANY CLAIM, DAMAGES OR OTHER LIABILITY, WHETHER IN AN ACTION OF CONTRACT, TORT OR OTHERWISE, ARISING FROM, OUT OF OR IN CONNECTION WITH THE SOFTWARE OR THE USE OR OTHER DEALINGS IN THE SOFTWARE.

Lisensi ini membolehkan pengguna untuk melakukan apapun pada kode program seperti pada Apache License. Lisensi ini hanya mewajibkan pengguna untuk menyertakan lisensi dan copyright si pembuat pada kode yang didistribusikan ulang dan tidak ada larangan untuk menggunakan trademark dari si pembuat asli. Selain itu pengguna juga tidak berhak untuk menuntut si pembuat ketika terjadi kerusakan pada perangkat lunak tersebut.

Lisensi Apache

Isi Lisensi Apache
Copyright [yyyy] [name of copyright owner]

Licensed under the Apache License, Version 2.0 (the "License");
you may not use this file except in compliance with the License.
You may obtain a copy of the License at

    http://www.apache.org/licenses/LICENSE-2.0

Unless required by applicable law or agreed to in writing, software
distributed under the License is distributed on an "AS IS" BASIS,
WITHOUT WARRANTIES OR CONDITIONS OF ANY KIND, either express or implied.
See the License for the specific language governing permissions and
limitations under the License.
Pada perangkat lunak berlisensi ini, pengguna boleh menggunakannya untuk tujuan komersil, pengguna boleh mendistribusikan ulang, memodifikasi, menggunakan paten, dan boleh menerapkan lisensi yang berbeda dari perangkat lunak asal. Pengguna juga boleh menggunakan dan memodifikasi perangkat lunak secara pribadi tanpa ada kewajiban untuk mendistribusikan ulang. Pengguna harus menyertakan lisensi ini pada perangkat lunak turunan yang didistribusikan, menyertakan hak cipta asli si pembuat, serta menyertakan perubahan apa saja yang dilakukan (apabila dimodifikasi). Pengguna tidak boleh menggunakan trademark, logo, atau mengatasnamakan si pembuat dalam proses distribusi ulang dan tidak punya hak untuk menuntut si pembuat ketika terjadi kerusakan pada perangkat lunak tersebut.

Lisensi BSD

Mulanya,lisence ini hanya digunakan untuk sebuah system operasi yang mirip dengan UNIX,yaitu Barkeley UNIX yang dikembangkan di UNiversitas California pada tahun 1983.Lisensi ini mempunyai larangan yang lebih ketat dibandingkan dengan GPL.sebagai contoh,lisensi BSD memungkinkan distribusi perangkat lunak secara tak terbatas untuk tujuan apapun,sejauh hak cipta perangkat lunak tersebut dicantumkam.Beberapa contoh dari perangkat lunak yang menggunakan lisensi BSD ini adalah FreeBSD,Net BSD Dll.

Do What The Fuck You Want To Public License / WTFPL v2.0

Lisensi ini nyaris seperti public domain. Pengguna dapat melakukan apapun yang ingin dilakukan pada kode program. Tapi perlu dicatat bahwa lisensi ini bukan lisensi trademark. Tidak ada sangkut paut apapun dengan si pembuat kode pertama dan kode hasil modifikasi tidak boleh menggunakan nama yang sama dengan nama kode/program yang dibuat oleh si pembuat sebelumnya.

Sebenarnya masih banyak lagi lisensi open source yang bisa kalian gunakan. Namun beberapa diatas adalah yang paling populer atau paling sering digunakan.

Referensi :
10 Lisensi Open Source Populer yang Mesti Diketahui
Judul Artikel: Daftar Lisensi Open Source Populer Yang Harus Diketahui
Ditulis oleh: Jack Wilder
Rating Artikel: 5 dari 5

Another Cool Stuff

Artikel Terkait GNU ,Open Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri tanggapan dan masukan tentang artikel kami disini. Jangan spam dan jangan junk :)