Membuat Server Content Delivery Network dengan Nginx

Kali ini saya akan menulis tutorial bagaimana membuat CDN server menggunakan Nginx. Buat yang belum tau, CDN atau Content Delivery Network adalah server yang dibuat untuk mendistribusikan kontent. Dan biasanya server ini sudah dioptimasi sedemikian rupa untuk menekan penggunaan bandwith server. Biasanya, server CDN diletakkan berbeda dari server web utama agar tidak menganggu performa dan hanya digunakan untuk menyimpan file file komponen situs seperti gambar, css dan javascript.

Seperti yang kita tahu, Nginx bisa digunakan untuk apa saja. Sebagai webserver, proxy ataupun load balancing. Nah, penggunaan Nginx sebagai CDN server juga memiliki alasan selain lebih stabil juga konfigurasinya mudah.

Oke, pertama kita install nginx terlebih dahulu.
Ubuntu :
sudo apt install nginx
CentOS :
yum install nginx
Sekarang masuk ke tahap konfigurasi.
Anggap disini saya akan membuat server CDN dengan subdomain cdn.linuxsec.org
nano /etc/nginx/sites-available/cdn.linuxsec.org
Lalu isinya :

Jadi untuk cache, saya pilih max expired untuk browser jadi tidak dibatasi hari. Untuk file htaccess, php dll kita blokir saja toh ini server CDN sehingga tidak memerlukan file tersebut.
Setelah semua oke, janga lupa di symlink kan ke site-enable.
ln -s /etc/nginx/sites-available/cdn.linuxsec.org /etc/nginx/sites-enabled/cdn.linuxsec.org
Sekarang server CDN kalian sudah siap digunakan.
Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Membuat Server Content Delivery Network dengan Nginx"

Silahkan tinggalkan komentar jika ada masukan, pertanyaan, kritik ataupun dukungan. Namun pastikan untuk berkomentar secara sopan.