Mengapa Windows Lebih Rentan Terhadap Virus dibanding Linux

Saturday, November 10, 2012

Linux . Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata tersebut ? Sebuah OS opensource yang bisa digunakan semua orang. Saat saya bertanya beberapa orang, alasan mereka mencoba Linux adalah karena ingin laptop nya bebas dari virus. Benarkah Linux ebbas dari virus ?
Wikipedia pernah mencatat ada 29 virus, 3 trojan, dan 12 worms yang pernah menginfeksi Linux. Mungkin saat ini sudah teratasi. Dan saat kalian yang mungkin pernah belajar hacking, dan masuk web orang dengan server linux, pernahkan kalian menanam backdoor ?
Oke sudah tau maksud dari kalimat saya diatas ?
Jadi Linux mungkin memang tidak 100% aman, namun berbeda dengan windows yang virus bisa menyerang dari segala arah, virus yang menginfeksi Linux hanya mentok di software/aplikasi yang memang ada bug. Bandingkan dengan Windows, saat virus menyerang system32 . Huehehehe.
Sekarang back to topic. Apa sih yang membuat Windows lebih rentan virus ?
Saat kalian menginstall Windows, saat login kalian langsung diberi hak administrator. Sehingga kalian diberi kebebasan untuk mengotak atik sistem nya. Saat virus berhasil masuk, bingo !
bagaimana dengan Linux ?
Saat kalian login user, kalian belum bisa untuk mengotak atik file sistem. Bahkan untuk sekedar meng copy file ke folder /root pun kalian tidak akan bisa. Kalian membutuhkan perintah sudo (switch user and do) atau autentifikasi ganda. bayangkan jika "seandainya" virus masuk ? mau apa ? gak bisa ngapa ngapain :v
Belum lagi di Windows, apalagi pengguna Indonesia, sangat suka dengan yang nama nya gratisan. Hampir isi software di Windows suck nya bajakan ! taukah kalian jika software bajakan kalian itu bisa menjadi jembatan virus untuk menyerang sistem ?
Antivirus ? Lol ya ? Antivirus pun bajakan . Jadi sama aja bohong kan :D
Di Linux, tidak ada bajakan, semua nya free, open source.

Intinya, nothing system is safe . Saya tidak akan bilang kalo linux aman 100% .
tapi Linux lebih aman dibanding Windows.
Mulai sekarang beralihlah ke Linux, be Open Source.
Jangan pakai bajakan, pembajakan itu dosa, orang berdosa masuk neraka.

Artikel Terkait General ,Linux

No comments:

Post a Comment