Software Untuk Menjalankan Aplikasi Windows di Linux

Oke kali ini mau share macam macam software yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux. eperti yang kita ketahui, linux tidak bisa menjalankan file .exe secara default nya, sehingga kita perlu program khusus seperti emulator agar file tersebut bisa dijalankan di Linux.
Oke mulai dari yang pertama.
1. Wine
Wine adalah software untuk menjalankan file windows di Linux yang paling populer. Beberapa distro linux bahkan sudah melasukkan aplikasi ini preinstalled di OS nya. Di ubuntu software ini belum terinstall saat pertamakali Ubuntu diinstall, tapi repo nya sudah masuk sehingga tinggal memasukkan command sudo apt-get install wine juka ingin menginstall nya.

2. Play on Linux
PlayOnLinux adalah software yang memungkinkan kamu untuk menginstall dan menggunakan game dan software Windows. Beberapa game memang tidak bisa berjalan di Linux, tetapi sekarang kamu bisa menggunakannya dengan PlayOnLinux.
Cara Menginstall via terminal
wget -O playonlinux.deb http://goo.gl/JK0nR
sudo apt-get install p7zip-full
sudo dpkg -i playonlinux.deb
sudo apt-get -f install && sudo rm playonlinux.deb

3.Q4Wine
Q4Wine sebenarya hampir sama dengan Wine, bahkan aplikasi ini juga berbasis dari Wine. Cara menginstall nya juga cukup mudah tinggal masukkan command sudo apt-get install q4wine karena repo nya juga sudah tersedia di ubuntu.

4. Crossover
Nah untuk yang terakhir ini kalo mau yang pro harus beli / bayar. Kita hanya diberi trial 14 hari untuk mencoba nya. Bagi yang ingin menginstall nya bisa di lihat tutor nya di halaman resmi Crossover disini.

Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Software Untuk Menjalankan Aplikasi Windows di Linux"