Ini Alasan Kenapa Kalian Harus Pindah ke Linux

Wednesday, November 12, 2014

Saat membicarakan OS , apa yang kalian pikirkan ? Windows ? Mac-OS ? Linux ? Yup, ketiga nya memang yang paling populer. Dan yang akan kita bahas sekarang adalah Linux. Apa itu Linux ? Linux merupakan sebuah sistem operasi (OS) komputer bertipe UNIX dan dilisensikan di bawah lisensi sumber terbuka (Open Source).
Linux Seutuhnya Milik Anda dan free.
Bukan seperti wanita panggilan yang hanya mau menyerahkan tubuhnya saat dibayar, Linux akan memberi jiwa dan hatinya untuk anda, free. pfftttt #abaikan.
Oke back to topic. bahwa Linux merupakan sistem operasi yang open source dan rata-rata distro Linux menggunakan lisensi publik GPL, sehingga Linux merupakan milik bersama dan kalian bebas mengembangkannya.

Jadi kalian diberi kebebasan memilih distro Linux yang paling cocok dengan kalian , dan bahkan kalian bisa untuk mengembangkan dan menciptakan distro baru sendiri.

Linux tidak mengenal yang nama nya Driver
Yupppzzz, bukan berarti linux tidak butuh driver, tapi semua yang kalian inginkan sudah tersedia satu paket sejak pre install, jadi tidak perlu repot repot menginstall driver satu satu untuk mengaktifkan fitur. Contohnya driver wireless, bluetooth, grafik, semua nya sudah terinstall berbarengan saat kalian menginstall Linux.

Aman, Stabil dan Nyaman
Linux seperti yang diketahui banyak orang, sangat handal karena susah diserang oleh virus. Kenapa ? ini alasannya :
Memiliki Repoitory Perangkat Lunak


Rata-rata distro Linux memiliki repositori perangkat lunak (sederhananya seperti Google Play pada Android dan AppStore pada iOS) sehingga pengguna Linux akan memasang aplikasi langsung dari repositori.

Lalu apa hubungannya dengan keamanan dari virus ?
bandingkan dengan Windows yang tidak memiliki repo sendiri, maka pengguna akan mencari perangkat lunak tersebut di internet. Apa kalian pernah menginstall aplikasi yang salah di Windows ? Pasti pernah.

Para pembuat virus, memanfaatkan pengguna awam dengan membuat situs web palsu yang membuat pengguna mengunduh perangkat lunak yang palsu, dan melalui perangkat lunak palsu tersebut, pembuat virus menyebarkan virusnya..

Akses Super User

Setiap akan mengubah file sistem di Lunux, kalian butuh akses root / super user, dan itu artinya kalian harus memasukkan sandi ulang. Berbeda dengan di Windows,

Pengembangan OS yang Cepat
Setiap ada bugs di Linux, kalian bisa melaporkannya secara cepat karena developer Linux publik. Itulah kenapa update di lunux hampir ada tiap minggunya.

Ratusan Pilihan, dan Pilih yang Cocok dengan Kebutuhan
Seperti yang saya sebutkan di atas, Linux memiliki ratusan (bahkan ribuan) distro atau turunan, dengan banyaknya pilihan tersebut anda bisa memilih sesuka hati.

Anda butuh Linux untuk kebutuhan personal / pemula ? Pakai Ubuntu / OpenSuse, Butuh untuk keperluan server web ? Pakai CentOS atau RHEL(berbayar). Butuh untuk keperluan studio (baik audio/visual) ? Pakai Ubuntu Studio. Ingin menggunakan Linux untuk pendidikan ? Pilih Edbuntu, OpenSuse Edu, DebianEdu. Anda seorang Gamers ? Pakai SteamOS. Kalau untuk geek / dev ? Pilih Ubuntu, Fedora atau ArchLinux. Pentester ? Pakai BackBox atau Kali.

Kalau sebelumnya memakai Macintosh ? Pakai Elementary OS karena interface nya familiar..

Jadi apapun dan siapapun anda, pasti ada Linux yang cocok untuk anda.

Linux Murah, Bahkan Serba Gratis, tapi Gak Murahan
Jika di Windows, untuk DVD original nya kalian harus merogoh dompet yang tidak sedikit. Minimal satu juta. Dan itu baru Windows nya, belum lagi perlengkapan lain seperti Ms. Office , Inventor, dll.

Belum lagi jika kalian desainer, untuk membeli lisensi Adobe Photoshop juga minimal butuh uang 800rb.

Galau ORI Bajakan

Berbanding terbalik dengan Linux, mau kerja ? Pakai Libre Office atau Kingsoft Office (GRATIS), anda seorang disainer ? Ganti CorelDraw dengan InkScape dan PhotoShop dengan GIMP. Terus mau apalagi di Linux ? Semuanya GRATIS !! Dan itu rata rata sudah satu paket saat kalian pertamakali menginstall Linux, tidak perlu menginstal satu satu.

Punya Komputer Tua ? Pasang Linux Aja, Linux itu ringan
Jika kalian memiliki komputer tua dengan spek kakek kakek, misalkan Pentium 3 dan RAM 128MB, kalian bisa install Damn Small Linux, FluxBuntu, atau Puppy Linux. Untuk kapasitas, tidak rakus. Linux bisa diinstall hanya dengan alokasi 10GB saja, itupun sudah Linux yang menggunakan GUI.

Jadi tunggu apa lagi, saatnya pindah ke Linux, terutama bagi anda yang menggunakan perangkat lunak bajakan, ingat bahwa setiap perangkat lunak yang di bajak merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak cipta, jika anda memiliki karya yang bagus, tentunya anda tidak ingin hak cipta karya tersebut di ambil atau di rusak oleh orang lain.

Yooo, sekarang sudah kepikiran buat pindah ke Linux apa belum ?

Artikel Terkait General ,Linux

3 comments:

  1. prrffttt alasan gue pengen pindah Linux tuh yang poin pertama :v

    ibarat wanita bayaran atau tidak :v

    ReplyDelete
  2. Pokoknya linux oke lah,, gue mnggunakan linux sejak awal keluar windows 7 dan akhirnya beralih ke linux, windows xp adalah windows terakhir yang gue pake.. Sampe sekarang ga pernah dual boot, only one boot linux ubuntu.!

    ReplyDelete
  3. Saya gak mau pakai aplikasi Haram (Bajakan) karena saya pakai untuk usaha, makanya saya pake Linux (sy pakai Ubuntu Mate)...

    ReplyDelete