Tips Mengamankan Akun Sosial Media dari Hacker

Friday, November 27, 2015

Banyak kasus peretasan akun media sosial seperti Facebook, Twitter yang dialami oleh artis artis terkenal atau mungkin kalian adalah salahsatunya. Sebenarnya hal itu bisa dicegah jika kita tau tips tips melindungi akun media sosial yang benar.

Berikut ini tips tips untuk menghindari akun anda dari peretasan.
1. Waspadai Phising / Fake Website.
Trik peretasan akun sosmed dengan fake login / phising biasanya dilakukan dengan membuat clone website seperti web aslinya, namun fungsi nya hanya untuk menaruh logger agar nantinya inputan user dan password korban. Banyak yang masih tertipu dengan trik macam ini padahal jelas jelas url nya jauh . Misal , url Facebook adalah www.facebook.com, kok masih ada yang mau login di faceboooo0k.tk ( misalnya ) .
Beberapa website memang bisa login dengan facebook contohnya saat kita download dari 4shared, namun yang dibutuhkan adalah auth sehingga kita hanya perlu menekan tombol "ijinkan" bukan login ulang dengan username dan password.
2. Waspadai Keylogger
Ini sering terjadi di warnet. Jadi beberapa orang usil sengaja memasang keylogger di komputer client sehingga semua ketikan kita akan direkam termasuk password yang susah sekalipun. Intinya, hal ini biasa terjadi di fasilitas publik. Gunakan On Screen Keyboard saat memasukkan password untuk tindakan pencegahan. Jika kalian menggunakan leptop pribadi, dan paket data sendiri, tidak perlu menggunakan OSK.
3. Jangan berlebihan menggunakan Autolike / Autofollowers
Autolike yang asli, mungkin memang tidak membutuhkan username dan password kalian ( bukan fake login ) . Tapi ketahuilah, si pemilik web autolike / autofollower tsb sudah memiliki akses token kalian saat kalian memilih "ijinkan" untuk menggunakan aplikasi mereka.
Akses token ini bisa digunakan untuk update status / tweet tanpa harus login ke akun ! . 
4. Waspadai Sniffing .
Sniffing hampir mirip dengan Fake Website, namun bisa dibilang lebih expert karena saat kita terkena sniffing, saat kita mengakses url yang benar , contoh www.facebook.com , interface nya akan diarahkan ke ip lain meskipun urlnya sama sama facebook.com . Hal ini biasa terjadi di satu jaringan . Misalnya WiFi Kampus.
Kalian bisa menggunakan software anti sniffing atau cek ip dari website yang asli. COntoh ip facebook adalah : 69.171.230.68 .
5. Gunakan Password yang Tidak ada Di Wordlist
Jangan gunakan password yang simple seperti password123, nama123, dll. Itu memperbesar kemungkinan akun adak dibobol dengen guessing ataupun bruteforce attack.
6. Buat Rancu Pertanyaan Keamanan Akun
Saat opsi lupa password di akun sosial media biasanya ada pertanyaan keamanan. Misalnya "Dimana anda lahir ? " . Jika kalian jawab dengan jawaban sebenarnya, mungkin orang dekat yang berniat jahil akan mudah melewati pertanyaan keamanan tersebut. Kenama tidak kita acak saja. Misal Pertanyaan "Dimana anda lahir ? " dijawab " fuckyou!!~ "

Mungkin sekian yang dapat saya share, mungkin ada yang mau menambahkan ?

Artikel Terkait Security ,Sosial Media ,Tips

No comments:

Post a Comment