Mengenal Perbedaan Virus, Malware,Trojan, dan Worm

Sunday, January 24, 2016

" Ah sial, leptop gue kena virus nih ? "
" kok bisa ? "
"gak tau juga tadi nginstall aplikasi gak jelas terus jadi lemot sekarang "
" itu malware goblok !! "
Oke, sampe sekarang mungkin masih banyak yang bingung perbedaan virus, malware, trojan dan worm.
Kali ini kita akan membahas satu per satu.

1. Malware (Malicious Software)

Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sebenarnya Malware itu adalah sebuah software atau program komputer, namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan orang lain.

2. Virus Komputer

Yang kita bahas disini virus pada komputer loh ya, bukan virus flu burung.
Virus komputer adalah Malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan/ menjalankan dirinya – biasanya pemilik komputer itu sendiri. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer tapi harus ada tindakan dari pihak ketiga yaitu pengguna komputer. Biasanya virus dibuat seperti program lain yang sering digunakan oleh pemilik komputer sehingga pemilik komputer itu mau mengaktifkan virus tersebut. Beberapa program komputer yang sering ditiru oleh virus adalah program .JPG, .doc, atau folder yang yang bila diklik akan mengaktifkan si virus.

Untuk lebih meyakinkan pengguna komputer, seringkali pencipta sebuah virus memalsukan virusnya dalam bentuk icon atau ekstensi gambar porno, atau bentuk lain yang dapat menarik perhatian si pemilik komputer untuk melakukan klik sehingga mengaktifkan virus tersebut.

3. Worm Komputer

Worm merupakan program yang sejenis dengan virus dan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menginfeksi system computer. Akan tetapi arti dan cara kerjanya sudah berbeda dengan virus. Worm dapat diartikan sebagai program malware yang menginfeksi computer user dengan cara secara otomatis bekerja sendiri tanpa harus ada user yang menjalankannya, dan setelah worm itu telah masuk kesistem computer, maka dia akan dengan mudah masuk kedalam computer yang lain yang terhubung dengan computer yang terkena worm tersebut.

4. Trojan

Trojan biasanya disisipkan dalam crack / patch game bajakan, atau juga aplikasi dengan modus keyloger. Cara kerjanya, trojan akan merekam semua ketikan di keyboard kalian, dan mengirim nya ke email / server si pembuat trojan tersebut.  Trojan biasanya digunakan untuk aksi spying.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menangkis virus, malware, trojan serta worm. Memakai antivirus, menghidupkan firewall , mengupdate OS dll.
Namun jika kalian adalah pengguna Linux, kalian sudah selangkah lebih maju dalam menghadapi ancaman ancaman diatas.
98% virus tidak akan bekerja di Linux.
Baca :

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, dan GO OPENSOURCE !!

Artikel Terkait Artikel

3 comments:

  1. Oooh beda ya gan malware sama virus

    ReplyDelete
  2. bang masihkan trojan horse virus no atas yang berbahaya saat ini??
    by dedi mekanikmitsubishi

    ReplyDelete
  3. ane biasanya sebut Virus doang gan. skrg ane jadi tau hehehe. thanks gan udah share

    ReplyDelete