DracOs Linux Keyboard Shortcut List

Thursday, March 24, 2016

Kali ini saya akan share shortcut key yang ada pada DracOS Linux. Berhubung masih banyak yang bingung dengan OS Pentest baru ini, dan cara penggunaannya berbeda dengan GUI kebanyakan, saya harap artikel saya ini bisa membantu kalian.
1. Windows + Shift + D
Fungsi ini untuk membuka Dracos-Menu yang berisi tools pentest pada Dracos sendiri.
Berikut ss nya :
2. Windows + Shift + T
Fungsi ini untuk membuka file manager yang ada di dracos. Perlu diketahui, file manager yang digunakan dracos ini adalah LFM, jangan dibayangkan bakal seperti file manager nautilus atau thunar.
Berikut screenshoot nya :
3. Windows + Shift + Enter
Berbeda dengan distro kebanyakan yang menggunakan ctrl + alt + T untuk memanggil terminal, DracOs menggunakan shortcut Windows + Shift + Enter untuk memanggil terminal ( urxvt ) .
4. Windows + Shift + C
karena di dracos ini tidak ada windows button seperti maximize, close, minimize , kita harus menggunakan kombinasi key. Nah untuk close aplikasi , terminal, dll, kita bisa menggunakan kombinasi key Win + Shift + C.

5. Windows + Klik Kanan
Kombinasi key ini digunakan untuk meresize windows. 
Dibawah ini contoh terminal setelah di resize.
6. Windows + Klik Kiri
Kombinasi key ini untuk memindah posisi aplikasi / terminal yang sedang dibuka. Misalnya dari pojok kiri akan dipindah ke tengah desktop.

Sekarang kita masuk ke bagian layout.
7. Windows + T
Dengan menekan tombol ini, maka layout tile akan diaktifkan. Saat kita membuka terminal sebanyak empat, maka desktop akan otomatis membagi ukuran terminal menjadi empat bagian. Hal ini tentu memudahkan saat kita melakukan kerja ganda . Hanya saja disini, bagian paling kiri dianggap sebagai bagian yang utama sehingga ukuran panjang nya tetap full kebawah.
8. Windows + G
Dengan kombinasi key ini kita akan membuka layout grid. Hampir sama dengan tile, hanya saja ukuran setiap terminal nya akan dibagi sama rata.

9. Windows + M
Ini kombinasi untuk mengaktifkan layout monocle. Dengan mengaktifkan layout ini, maka windows akan menjadi maximize memenuhi desktop.

10. Windows + F
Ini layout default DracOs. Nah jika kalian ingin kembali ke layout normal dracos setelah mengganti ke salahsatu layout diatas, masukkan kombinasi key Windows + F .

Nah mungkin sekian dulu yang bisa saya sampaikan, kalau ada kesalahan mohon dikoreksi, semoga bermanfaat.
Go Linux, Go Opensource.

Artikel Terkait DracOs ,Linux

5 comments:

  1. Mantap sempet bingung . Liat tutor ini jd tau. Makasih om

    ReplyDelete
  2. jadi referensi , nuhun om

    ReplyDelete
  3. shutdown semua os juga sama aja pake poweroff

    ReplyDelete