Microsoft Akan Tambahkan Linux Command Line ke Windows 10

Thursday, March 31, 2016

Baru baru ini ada kabar yang cukup menarik datang dari Microsoft dengan Windows 10 nya. Bash shell akan segera hadir di Windows 10. Yup bash shell, kita bisa menjalankan command linux di Windows. Dan ini bukan dijalankan di mesin virtual. Tapi di Windows nya sendiri.

Kevin Gallo mengumumkan nya pada Microsoft Build Developer Conference :
The Bash shell is coming to Windows. Yes, the real Bash is coming to Windows…..This is not a VM. This is not cross-compiled tools. This is native. We’ve partnered with Canonical to offer this great experience, which you’ll be able to download right from the Windows Store.
Dengan adanya bash shell di Windows ini tentu sangat membantu para developer. Mereka bisa menjalankan Emacs ataupun vim di Windows 10.
Berikut screenshoot yang saya ambil dari Blog Scoot Hanselmen.
Fitur ini bisa kalian dapat dengan mendownload 'Ubuntu on Windows" jika kalian menggunakan Windows 10 Developer Mode.
Fitur ini akan hadir pada Windows 10 Anniversary Update mendatang.

Adanya fitur menarik ini tentu tak lepas dari kontribusi Ubuntu Canonical yang bekerjasama dengan Microsoft.  Sekali lagi, Canonical menjembatani jarak antara Mircosoft dan Linux.

Nah apakah perkembangan Windows 10 ini merupakan bencana bagi Linux Desktop ? Dan bagaimana cara para developer Linux untuk menanggulangi nya ? Saya sendiri belum bisa memberi kesimpulan. Apakah ini merupakan kemajuan yang bagus di bidang opensource atau malah bencana bagi keluarga linux. Kita lihat saya dimasa mendatang.

Sekian berita kali ini, share juga ke teman teman mu bair mereka tau .

Artikel Terkait Berita ,Linux ,Open Source ,Windows

No comments:

Post a Comment