Sudah Main Pokémon Go ? Hati Hati Ada Malware yang Mengontrol Android Kalian

Sunday, July 17, 2016

Pokémon Go menjadi game yang booming akhir akhir ini. Namun karena game ini belum tersedia di beberapa negara, memaksa player nya untuk mendownload APK nya dari situs situs download pihak ketiga atau tidak resmi. Sebenarnya ini malah memudahkan bagi para cracker untuk menyisipkan malware di file APK Pokémon Go yang nantinya malah Android kalian akan di kontrol.
Baca :

Berikut contoh hasil scan nya :

Contohnya adalah File APK dari Pokemon Go dengan md5 "d350cc8222792097317608ea95b283a8" seperti ss diatas. File tersebut disisipi Malware DroidJack dengan domain attacker "pokemon.no-ip.org" serta ip attacker "88.233.178.130" .
Singkatnya setelah kalian menginstall Pokemon Go yang ada malware nya tersebut, smartphone kalian akan dikontrol melalui ip 88.233.178.130.
DroidJack sendiri merupakan RAT yang bisa mengontrol  untuk panggilan telepon, mengirim SMS, merekam suara, membaca daftar kontak, hingga mengaktifkan atau memutus koneksi WiFi.
Berikut beberapa hasil ketika Backdoored Pokemon Go dibongkar. Ada class yang mencurigakan.
Dan ketika kodesumber nya dibuka lagi, yup... droidjack..
Dan bagi kalian yang terlanjur menginstall Pokemon Go, silahkan di cek kembali di game permissionnya. Jika aplikasi diijinkan untuk mengakses SMS, membaca history browser, dll, sudah bisa dipastikan bahwa Pokemon Go kalian membawa malware.
Jika sudah begitu, silahkan uninstall saja Pokemon Go milik kalian.
Sebenarnya ini tidak hanya untuk Pokemon Go saja, semua aplikasi yang didownload dari pihak ketiga memang berpotensi disisipi malware. Jadi bagi kalian yang ingin memainkan Pokemon Go secara aman, download dari situs resminya, atau untuk Indonesia bisa ditunggu saja sampai tersedia disini.

Oke sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, selamat berakhir pekan.
Referensi :

Artikel Terkait Android ,Artikel ,Game ,Security

5 comments: